ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PROMOSI KREATIF STUDIO FOTO KALA SENJA DENGAN AFTER EFFECTS

Karenda, Aziz Sepgia (2025) ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PROMOSI KREATIF STUDIO FOTO KALA SENJA DENGAN AFTER EFFECTS. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4861.zip
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan media digital telah mendorong pelaku industri kreatif, termasuk studio foto, untuk memanfaatkan media promosi yang menarik dan komunikatif. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi animasi 2D sebagai media promosi kreatif untuk Studio Foto Kala Senja, dengan menggunakan Adobe After Effects sebagai perangkat utama produksi. Pendekatan ini menggunakan metode perancangan media digital melalui tahapan pra-produksi (pembuatan konsep, naskah, dan storyboard), produksi (desain aset visual, ilustrasi, dan animasi di After Effects), serta pasca-produksi (komposit, penyuntingan suara, dan rendering final). Hasil akhir dari proyek ini berupa video animasi berdurasi 50 detik yang mempromosikan layanan, suasana, serta nilai estetika khas dari Studio Foto Kala Senja. Gaya visual yang digunakan adalah flat design dengan palet warna hangat untuk merepresentasikan nuansa senja, disertai narasi dan musik latar yang mendukung identitas merek. Uji coba terhadap target audiens melalui kuesioner menunjukkan bahwa media animasi ini efektif dalam meningkatkan ketertarikan terhadap studio, dengan 84,875% responden menyatakan bahwa animasi tersebut informatif dan menarik. Dengan demikian, animasi 2D ini terbukti menjadi media promosi yang kreatif dan relevan bagi Studio Foto Kala Senja.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Ramadhani, Surya Tri Atmaja
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Media Promosi, After Effects, Studio Foto, Desain Kreatif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:00
Last Modified: 17 Nov 2025 08:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item