PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI 2D PADA MEDIA PEMBELAJARAN SAINS UNTUK SISWA KELAS V

Arsya, Kanisa Rahmani (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI 2D PADA MEDIA PEMBELAJARAN SAINS UNTUK SISWA KELAS V. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4756.zip
Restricted to Repository staff only

Download (63MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran sains pada siswa kelas V sering mengalami kendala berupa rendahnya minat belajar dan kesulitan dalam memahami konsepkonsep yang bersifat abstrak. Kondisi ini berpengaruh pada hasil belajar yang kurang optimal serta minimnya partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa secara efektif. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan media pembelajaran berbasis animasi 2D interaktif dengan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahap konseptualisasi, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Efektivitas media diuji melalui pretest dan post-test untuk melihat peningkatan pemahaman siswa, serta angket respon guna mengukur motivasi dan kepuasan siswa terhadap media yang dibuat. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan animasi 2D interaktif sebagai media pembelajaran sains dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep serta minat belajar siswa kelas V. Media ini memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mudah dipahami, sehingga dapat digunakan oleh guru dan lembaga pendidikan dasar sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini juga menyarankan pengembangan lebih lanjut dengan menambahkan fitur interaktif yang lebih canggih dan penerapan pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Ferdiansyah, Pramudhita
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Media Pembelajaran, Sains, Interaktif, Siswa Kelas V
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:40
Last Modified: 17 Nov 2025 07:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31118

Actions (login required)

View Item View Item