PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TATA SURYA DI TK KEMALA BHAYANGKARI 85 BERBASIS ANDROID

Risnata, Wilalis Alditya (2025) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TATA SURYA DI TK KEMALA BHAYANGKARI 85 BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0766.zip
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis android sebagai media pengenalan tata surya di TK Kemala Bhayangkari 85. Dengan melibatkan anak-anak usia dini dalam proses pembelajaran, teknologi AR menawarkan pendekatan yang inovatif dan interaktif dalam memperkenalkan konsep-konsep kompleks seperti tata surya. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan mencakup tahap analisis kebutuhan, desain aplikasi, implementasi, dan evaluasi, dengan fokus pada penggunaan marker based tracking untuk memfasilitasi pengenalan objek tata surya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR yang dikembangkan berhasil menyajikan informasi tentang tata surya secara visual dengan interaksi yang intuitif dan menarik bagi anak-anak. Dengan memanfaatkan marker sebagai media pengenalan objek, anak-anak dapat eksplorasi planet-planet dan elemen tata surya lainnya dengan lebih mudah. Kontribusi penelitian ini terletak pada pengembangan teknologi pembelajaran yang inovatif untuk anak usia dini, Dimana penggunaan AR diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap konsep sains secara menyenangkan. Kesimpulannya, pengembangan aplikasi AR sebagai media pengenalan tata surya di TK Kemala Bhayangkari 85 berbasis android memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini. Langkah selanjutnya adalah memperluas penggunaan teknologi ini dalam konteks pendidikan lainnya serta melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap efektivitas dan penerimaan aplikasi oleh anak-anak dan guru.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tata Surya, Media Pengenalan, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:21
Last Modified: 14 Nov 2025 07:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item View Item