Prasetyo, Bara Artha Bagus (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HURUF VOKAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAKANAK DI KAMPUNG GAMELAN KIDUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (186kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2063.zip Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih digunakannya metode pembelajaran huruf vokal secara konvensional di kalangan anak usia dini, khususnya di Kampung Gamelan Kidul. Metode pembelajaran yang ada dinilai kurang menarik dan kurang mampu mempertahankan fokus belajar anak-anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran huruf vokal berbasis Augmented Reality (AR) agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan, lebih interaktif, dan memberikan pengalaman baru kepada anak-anak di Kampung Gamelan Kidul. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Aplikasi dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity dan Blender, serta memanfaatkan Vuforia sebagai alat bantu Scan Marker AR. Setiap Huruf Vokal (A, I, U, E, O) akan menampilkan objek 3D dan pelafalan suara untuk membantu pemahaman anak, serta ada contoh dari masingmasing huruf. Pengujian aplikasi dilakukan melalui metode black box untuk menguji fungsi sistem dan kuesioner skala likert untuk menilai tanggapan pengguna. Hasil pengujian menunjukan bahwa seluruh fungsi aplikasi berjalan dengan baik, dan memperoleh nilai kepuasaan sebesar 75% berdasarkan skala likert, yang menunjukan bahwa aplikasi dapat diterima dengan baik dan dinilai menarik oleh anak-anak di Kampung Gamelan Kidul. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi Solusi alternatif yang efektif dan adaptif terhadap pengembangan teknologi serta membuka peluang untuk mengembangkan materi pembelajaran lainya kedepan.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Huruf Vokal, Anak Usia Dini, ADDIE | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:19 | ||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:19 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

