PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HURUF VOKAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAKANAK DI KAMPUNG GAMELAN KIDUL

Prasetyo, Bara Artha Bagus (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HURUF VOKAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAKANAK DI KAMPUNG GAMELAN KIDUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2063.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih digunakannya metode pembelajaran huruf vokal secara konvensional di kalangan anak usia dini, khususnya di Kampung Gamelan Kidul. Metode pembelajaran yang ada dinilai kurang menarik dan kurang mampu mempertahankan fokus belajar anak-anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran huruf vokal berbasis Augmented Reality (AR) agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan, lebih interaktif, dan memberikan pengalaman baru kepada anak-anak di Kampung Gamelan Kidul. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Aplikasi dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity dan Blender, serta memanfaatkan Vuforia sebagai alat bantu Scan Marker AR. Setiap Huruf Vokal (A, I, U, E, O) akan menampilkan objek 3D dan pelafalan suara untuk membantu pemahaman anak, serta ada contoh dari masingmasing huruf. Pengujian aplikasi dilakukan melalui metode black box untuk menguji fungsi sistem dan kuesioner skala likert untuk menilai tanggapan pengguna. Hasil pengujian menunjukan bahwa seluruh fungsi aplikasi berjalan dengan baik, dan memperoleh nilai kepuasaan sebesar 75% berdasarkan skala likert, yang menunjukan bahwa aplikasi dapat diterima dengan baik dan dinilai menarik oleh anak-anak di Kampung Gamelan Kidul. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi Solusi alternatif yang efektif dan adaptif terhadap pengembangan teknologi serta membuka peluang untuk mengembangkan materi pembelajaran lainya kedepan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Huruf Vokal, Anak Usia Dini, ADDIE
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:19
Last Modified: 13 Nov 2025 06:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30988

Actions (login required)

View Item View Item