PEMBUATAN GAME 2D PLATFORMER “LOGIC CAVERN” MENGGUNAKAN UNITY

Akbar, Faisal (2025) PEMBUATAN GAME 2D PLATFORMER “LOGIC CAVERN” MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.61.0179.zip
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Game merupakan media hiburan interaktif yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi berpikir dan kreativitas para pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game platformer 2D dengan menggabungkan elemen petualangan dengan teka-teki logika dan matematika. Di dalam game ini pemain harus mengendalikan dua karakter secara bergantian untuk dapat melewati tantangan yang ada. Terdapat beberapa level pada game ini dan tingkat kesulitan semakin meningkat dengan level pertama sebagai tutorial untuk memberikan arahan permainan kepada pemain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Indie Game Development, yaitu metode pengembangan game secara individu atau kelompok kecil. Game ini dibuat menggunakan Unity Engine dan menggunakan bahasa pemrograman C#, serta aset pixel art untuk tampilan visual. Game ini menggunakan gaya visual pixel art karena pixel art masih menjadi gaya visual yang populer pada industri game khususnya game 2D bergenre platformer, roguelike, serta RPG. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game memiliki tingkat kepuasan pengguna yang sangat baik dengan indeks Likert sebesar 85,76%, serta mendapatkan tanggapan positif dari ahli pengembang game. Game Logic Cavern tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang menantang dan menyenangkan, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana edukatif dalam melatih kemampuan logika dan berpikir kritis. Game ini telah dipublikasikan melalui platform itch.io dan dapat diakses oleh pengguna Android maupun browser.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game Platformer, Unity Engine, Pemrograman C#, Teka-teki, Pixel Art
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Nov 2025 06:56
Last Modified: 10 Nov 2025 06:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30948

Actions (login required)

View Item View Item