MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN PERISTIWA ALAM DAN CARA MENGATASINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALIGAYAM

Fatimah, Siti (2020) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN PERISTIWA ALAM DAN CARA MENGATASINYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALIGAYAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Siti Fatimah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.12.9079 - Siti Fatimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)

Abstract

SD Negeri 1 Kaligayam adalah sekolah dasar di Klaten, Jawa Tengah. Dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada subjek peristiwa alam dan cara mengatasinya masih menggunakan metode pembelajaran manual menggunakan buku teks dan menjelaskan materi melalui papan tulis, sehingga guru merasa kesulitan untuk mengilustrasikan proses terjadinya peristiwa alam. Media pembelajaran adalah alat bantu yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kefektifan penerapan metode media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas VI tentang materi perisiwa alam dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaligayam yang terbagi dalam 2 kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol (pembelajaran konvensional) dan kelompok eksperimen (pembelajaran interaktif). Hasil penelitian uji statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata uji N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 82.79 atau 82.79% termasuk dalam kategori efektif. Sementara hasil rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 49.18 atau 49.18% termasuk dalam kategori kurang efektif. Dengan demikian penerapan pembelajaran interaktif ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI tentang materi peristiwa alam dan cara mengatasinya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pradnya D, Windha Mega
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Peristiwa Alam, Hasil Belajar, Interactive Learning Media, Natural Events, Learning Outcomes
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:30
Last Modified: 24 Aug 2023 02:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item