KINERJA PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH YANG DIKELOLA OLEH GILI ECO TRUST DI KAWASAN PARIWISATA GILI TRAWANGAN

Azani, M. Reza Fazri (2025) KINERJA PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH YANG DIKELOLA OLEH GILI ECO TRUST DI KAWASAN PARIWISATA GILI TRAWANGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Naskah Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

Gili Trawangan merupakan salah satu dusun yang masuk kedalam administrasi Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pariwisata di Gili Trawangan berkembang pesat dan menjadi daya tarik utama oleh berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara. Pertumbuhan ini menyebabkan peningkatan volume sampah yang signifikan, sehingga berdampak pada lingkungan dan kualitas destinasi wisata. Untuk menjawab permasalahan tersebut, terdapat Lembaga Gili Eco Trust (GET) yang telah menjalankan program pengelolaan sampah di Gili Trawangan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja program pengelolaan sampah yang dilakukan Gili Eco Trust sejak tahun 2022. Penilaian dilakukan melalui dua aspek, yaitu dari pihak internal (pengelola) Gili Eco Trust dan pihak eksternal (masyarakat). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deduktif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified sampling yaitu cara pengambilan data yang dibagi menjadi ke dalam strata-strata. Teknik analisis data menggunakan metode skoring pada skala likert, metode ini akan memberikan skor pada setiap jawaban kuesioner yang diberikan kepada pihak internal (pengelola) dan eksternal (masyarakat). Kuesioner berisi pertanyaan yang mencakup seluruh variabel penilaian kinerja pengelolaan sampah menurut pihak pengelola dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengelolaan sampah menurut pihak internal terhadap enam variabel konseptual, yaitu teknik operasional, kelembagaan, pembiayaan, partisipasi masyarakat, kebijakan, dan target pengelolaan sampah, didapatkan hasil penilaian menggunakan rumus indeks (%) dengan nilai rata-rata dari enam variabel yaitu 51,5%. Hasil ini masuk dalam kategori “sedang/cukup baik” dalam klasifikasi 40 - 59%. Sedangkan pada penilaian kinerja pengelolaan sampah menurut pihak eksternal terhadap enam variabel konseptual, yaitu tangibles (ketersediaan), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (perhatian), dan sosial, didapatkan hasil penilaian menggunakan rumus nilai persentase dan nilai rata-rata persentase dari enam variabel yaitu 77,08%. Hasil ini masuk dalam kategori “baik” pada klasifikasi 62,52% - 81,27%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Neritarani, Rivi
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pengelolaan Sampah, Pariwisata, Masyarakat Gili Trawangan
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 710 Perencanaan wilayah dan arsitektur lanskap > 711 Perencanaan wilayah
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Perencanaan Wilayah dan kota
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:49
Last Modified: 05 Nov 2025 03:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30913

Actions (login required)

View Item View Item