Jasmine, Miranti (2025) ARTIKULASI PERLAWANAN DAN KEKUATAN NORMATIF LAGU “HIND’S HALL” DALAM MENDORONG SOLIDARITAS SIPIL PRO-PALESTINA DI AMERIKA SERIKAT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (374kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (86kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
Abstract
Konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina kembali memuncak pada 2023, tepatnya setelah serangan militer intensif oleh Israel ke Jalur Gaza menimbulkan krisis kemanusiaan. Dalam situasi penuh ketegangan itu, ekspresi budaya seperti musik menjadi saluran alternatif untuk menyampaikan solidaritas, nilai keadilan, dan suara perlawanan terhadap dominasi wacana politik internasional. Salah satu bentuk ekspresi yang mencolok adalah lagu berjudul Hind’s Hall karya Macklemore, yang dirilis sebagai respons terhadap kekerasan struktural dan ketimpangan narasi pro-Israel di Amerika Serikat. Lagu ini menyuarakan nilai-nilai keadilan, anti-penindasan, serta kebebasan yang dikemas melalui gaya rap yang tajam dan ekspresif. Lirik dalam Hind’s Hall memuat kritik terhadap pemerintah Amerika Serikat, kelompok lobi politik, dan institusi budaya yang dinilai membungkam penderitaan rakyat Palestina. Kemunculan lagu ini menggambarkan bagaimana musisi dapat berperan sebagai aktor non-negara yang menyampaikan nilai-nilai moral secara luas dan menggerakkan kesadaran kolektif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kekuatan normatif dan artikulasi perlawanan dalam lagu Hind’s Hall. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode analisis wacana kritis dari Norman Fairclough dan pendekatan historis-diskursif Ruth Wodak. Secara teoritis, penelitian ini berlandaskan teori normative power dari Ian Manners dan wacana kontra-hegemoni oleh Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe. Kerangka ini digunakan untuk menelusuri bagaimana nilai-nilai moral yang tercermin dalam musik mampu membentuk opini publik serta menciptakan ruang alternatif di luar dominasi institusional formal. Lagu Hind’s Hall menjadi ekspresi yang tidak semata-mata bersifat artistik, melainkan juga politis. Tradisi musik rap yang lahir dari komunitas marjinal memberi legitimasi kultural terhadap pesan yang dibawa lagu ini. Kritik yang disampaikan dalam lirik menembus batas isu politik formal dan menyentuh ranah kemanusiaan. Fenomena ini menunjukkan bahwa budaya populer memiliki kapasitas untuk membentuk wacana tandingan dan mendorong solidaritas sipil di Amerika Serikat terhadap isu kemanusiaan di Palestina.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Artikulasi, Lagu, Hind;s Hall, Solidaritas Sipil, Pro-Palestina, Amerika Serikat | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 07:30 | ||
| Last Modified: | 04 Nov 2025 07:30 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

