ANALISIS UI/UX UNTUK PERANCANGAN ULANG PADA WEBSITE PEMERINTAHAN KABUPATEN ENDE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINKING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Suna, Petronia Wilhelmina (2025) ANALISIS UI/UX UNTUK PERANCANGAN ULANG PADA WEBSITE PEMERINTAHAN KABUPATEN ENDE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINKING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4412.zip
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Website Pemerintahan Kabupaten Ende memiliki peran penting dalam menyediakan informasi dan layanan publik secara digital. Namun, analisis awal menggunakan SimilarWeb menunjukkan bahwa website ini mengalami bounce rate tinggi (64,83%), rata-rata durasi kunjungan singkat (34 detik), dan jumlah halaman yang dikunjungi per sesi hanya 1,41. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner UEQ, ditemukan beberapa faktor penyebab rendahnya keterlibatan pengguna, yaitu navigasi yang membingungkan, tampilan visual yang kurang menarik, kurangnya inovasi pada website, serta minimnya fitur interaktif yang mendukung kebutuhan pengguna. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian menerapkan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Evaluasi dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang mengukur enam aspek utama pengalaman pengguna: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan 30 responden yang berpartisipasi dalam evaluasi sebelum dan sesudah redesain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada UI/UX setelah redesain. Sebelum redesain, skor rata-rata UEQ berada dalam kategori Bad, dengan Attractiveness (0,44), Perspicuity (0,83), Efficiency (0,64), Dependability (0,39), Stimulation (0,34), dan Novelty (0,07). Setelah redesain, skor meningkat ke kategori Good dan Excellent, dengan Attractiveness (2,05), Perspicuity (1,93), Efficiency (2,04), Dependability (1,85), Stimulation (1,92), dan Novelty (1,62). Peningkatan terbesar terjadi pada Attractiveness (+1,61) dan Stimulation (+1,58), yang menunjukkan bahwa desain baru lebih menarik dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi Pemerintah Kabupaten Ende dalam mengembangkan website yang lebih modern, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Desain Thinking, UEQ, Kabupaten Ende, Redesain
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2025 04:22
Last Modified: 19 Sep 2025 04:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30820

Actions (login required)

View Item View Item