PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR KANISIUS CONDONGCATUR

Tobing, Sindi Lumban (2025) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR KANISIUS CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1972.zip
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini, dunia pendidikan dituntut untuk ikut bertranformasi. Namun, tidak semua sekolah memiliki akses atau fasilitas yang memadai, seperti SD Kanisius Condongcatur Yogyakarta yang masih menghadapi kendala dalam pengenalan perangkat keras komputer pada siswa kelas 1. Pembelajaran pada materi ini masih bersifat konvensional, sehingga siswa kesulitan memahami materi yang seharusnya bersifat visual dan praktis. Penelitian ini menghadirkan Solusi melalui pengembangan aplikasi media pembelajaran dengan memanfaatkan Augmented Reality (AR) dengan nama aplikasi Hardware Hore. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahap, yaitu, concept, design, material collecting, assembly, testing, hingga distribution. Aplikasi media pembelajaran ini dirancang berbasis Android dengan menyajikan objek 3D interaktif, narasi audio, kuis dan materi terkait perangkat keras komputer untuk meningkatkan pemahaman siswa. Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi Hardware Hore berjalan dengan baik, serta mendapatkan penilaian sangat layak (97,5%) dari guru informatika, dan meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa alternatif media pembelajaran interaktif yang inovatif untuk Tingkat sekolah dasar dan dapat dijadikan acuan pengembangan media serupa pada materi lainnya di masa depan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Andriani, Ria
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Perangkat Keras, Siswa SD, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2025 03:21
Last Modified: 19 Sep 2025 03:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30804

Actions (login required)

View Item View Item