Putra, Yoga Adi (2025) PENGEMBANGAN SISTEM TICKETING ONLINE DENGAN METODE AGILE PADA WISATA GUNUNG DI JAWA TENGAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2464.zip Restricted to Repository staff only Download (65MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada pengelolaan wisata gunung di Jawa Tengah adalah masih digunakannya sistem manual dalam pendataan pendaki yang menyebabkan antrean panjang dan waktu pengurusan yang lama, terutama saat musim libur panjang. Kondisi ini berdampak pada ketidakefisienan dalam penyediaan kuota pendakian serta menimbulkan ketidaknyamanan bagi pendaki dan pengelola. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan sistem ticketing online berbasis web yang dapat mempermudah proses pemesanan tiket dan pengelolaan kuota secara terintegrasi. Penelitian ini menggunakan metode Agile dalam proses pengembangan sistem, yang meliputi tahapan perencanaan kebutuhan, pembuatan desain, pengembangan fitur secara sprint, pengujian sistem menggunakan Black Box Testing, serta evaluasi secara iteratif agar sistem dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna secara dinamis. Sistem dirancang agar dapat mengelola data pendaki, kuota jalur pendakian, dan transaksi pembayaran dengan lebih efisien dan cepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ticketing online yang dikembangkan berhasil meningkatkan kualitas layanan dan kemudahan akses bagi pendaki maupun admin pengelola. Sistem ini memberikan kontribusi positif dalam digitalisasi layanan wisata pendakian, mengurangi antrean dan kesalahan pencatatan manual, serta mempermudah monitoring kuota. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pengelola wisata gunung di Jawa Tengah dan pihak terkait untuk meningkatkan manajemen pendakian. Penelitian selanjutnya disarankan mengembangkan fitur notifikasi real-time dan aplikasi mobile untuk meningkatkan responsivitas dan aksesibilitas layanan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Ticketing Online, Kuota Pendakian, Metode Agile, Wisata Gunung, Sistem Berbasis Web | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:31 | ||
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |