Nimastuti, Norma (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI INTERAKTIF CANDI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK SEKOLAH DASAR. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.02.0793.zip Restricted to Repository staff only Download (98MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Candi-candi di Sleman memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, namun kesadaran serta minat generasi muda, terutama murid Sekolah Dasar, terhadap warisan budaya ini masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi interaktif bertema Candi di Sleman menggunakan Adobe Animate sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. di mana setiap tahap dilakukan secara sistematis untuk memastikan game yang dihasilkan memiliki kualitas edukatif dan visual yang optimal. Game ini dirancang dengan menggabungkan elemen interaktif seperti kuis, cerita legenda, dan animasi dua dimensi yang dinamis. Pengujian dilakukan dengan melibatkan murid Sekolah Dasar di Sleman untuk mengukur tingkat pemahaman mereka sebelum dan sesudah menggunakan game tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa tentang candi-candi di Sleman serta peningkatan minat mereka untuk mempelajari warisan budaya. Dengan demikian, game edukasi interaktif ini diharapkan mampu menjadi sarana edukasi yang inovatif dan menyenangkan bagi anak-anak.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Interaktif, Candi Sleman, Sekolah Dasar, Adobe Animate | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:54 | ||
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |