PERANCANGAN WEBSITE EDUKASI DENGAN SISTEM RULE BASED UNTUK REKOMENDASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN MODEL VARK

Rizaldin, M. Adryan (2025) PERANCANGAN WEBSITE EDUKASI DENGAN SISTEM RULE BASED UNTUK REKOMENDASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN MODEL VARK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1933.zip
Restricted to Repository staff only

Download (90MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan komponen utama dalam keberhasilan pendidikan, bertujuan mengembangkan potensi individu secara optimal. Namun, banyak siswa di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesulitan dalam mengenali gaya belajar yang sesuai dan rendahnya produktivitas belajar. Faktor internal, seperti motivasi dan pemahaman metode belajar, serta faktor eksternal, seperti manajemen waktu dan gangguan digital, turut memengaruhi pembelajaran. Kondisi ini diperparah dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan aplikasi hiburan yang mengurangi fokus siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah website berbasis teknologi digital yang memberikan rekomendasi gaya belajar serta tips produktivitas yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Platform ini memanfaatkan sistem berbasis aturan (rule-based) untuk menyusun rekomendasi personal sesuai dengan karakteristik gaya belajar dan kebutuhan produktivitas siswa. Melalui website ini, siswa dapat mengakses panduan belajar, termasuk strategi produktifitas lainnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa di semua jenjang pendidikan dalam mengenali gaya belajar mereka, meningkatkan motivasi, dan mengoptimalkan produktivitas belajar. Dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai media pendukung, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan solusi inovatif untuk menghadapi tantangan pembelajaran di era modern.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Produktivitas Belajar, Teknologi Digital, Website Edukasi, Sistem Berbasis Aturan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:41
Last Modified: 12 Sep 2025 07:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item View Item