PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN DAN PENCEGAHAN COVID 19 MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC STUDI KASUS SMP N 1 KOTO BARU

Ikhwan, Muhammad (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN DAN PENCEGAHAN COVID 19 MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC STUDI KASUS SMP N 1 KOTO BARU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0668.zip
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membawa dampak signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk pendidikan. Di lingkungan sekolah, kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya pencegahan COVID-19 menjadi hambatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan sehat. Informasi mengenai pencegahan COVID-19 yang disampaikan secara konvensional cenderung kurang menarik perhatian siswa, sehingga diperlukan sebuah inovasi media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis motion graphic sebagai sarana edukasi pencegahan COVID-19 bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Media ini dikembangkan dalam bentuk video edukasi berdurasi ±60 detik, yang mencakup narasi informatif, ilustrasi visual, serta elemen audio visual yang mendukung pemahaman siswa. Hasil dari penyebaran kuesioner kepada 30 responden menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif, dengan mayoritas penilaian berada dalam kategori "sangat baik" pada aspek isi, visual, dan daya tarik. Media ini dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pencegahan COVID-19 dan dapat dimanfaatkan oleh guru, sekolah, maupun lembaga kesehatan. Penelitian ini juga dapat menjadi dasar pengembangan media sejenis untuk topik edukasi kesehatan lainnya di masa depan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motion Graphic, Video Edukasi, COVID-19, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:18
Last Modified: 11 Sep 2025 04:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item View Item