Ikhwan, Muhammad (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PENGENALAN DAN PENCEGAHAN COVID 19 MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC STUDI KASUS SMP N 1 KOTO BARU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (721kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0668.zip Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 membawa dampak signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk pendidikan. Di lingkungan sekolah, kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya pencegahan COVID-19 menjadi hambatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan sehat. Informasi mengenai pencegahan COVID-19 yang disampaikan secara konvensional cenderung kurang menarik perhatian siswa, sehingga diperlukan sebuah inovasi media pembelajaran yang interaktif dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis motion graphic sebagai sarana edukasi pencegahan COVID-19 bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Media ini dikembangkan dalam bentuk video edukasi berdurasi ±60 detik, yang mencakup narasi informatif, ilustrasi visual, serta elemen audio visual yang mendukung pemahaman siswa. Hasil dari penyebaran kuesioner kepada 30 responden menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif, dengan mayoritas penilaian berada dalam kategori "sangat baik" pada aspek isi, visual, dan daya tarik. Media ini dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pencegahan COVID-19 dan dapat dimanfaatkan oleh guru, sekolah, maupun lembaga kesehatan. Penelitian ini juga dapat menjadi dasar pengembangan media sejenis untuk topik edukasi kesehatan lainnya di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Motion Graphic, Video Edukasi, COVID-19, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:18 | ||
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |