Pristianto, Fajar Eka (2025) IMPLEMENTASI MOTION GRAPHIC PADA VIDEO PEMBELAJARAN DASAR JARINGAN KOMPUTER PADA SMP NEGERI 3 PAKIS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.1050.zip Restricted to Repository staff only Download (177MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
Abstract
Materi jaringan komputer dalam dunia Pendidikan pada jenjang SMP seringkali dapat membingungkan para siswa-siswi karena kompleksitas konsep yang diajarkan, seperti jenis-jenis jaringan (LAN, MAN, WAN, WLAN) serta beragam perangkat keras yang digunakan dalam jaringan. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut, yang akhirnya mengurangi efektivitas pembelajaran. maka dari itu adanya media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami menjadi faktor utama yang dapat menambah tingkat pemahaman siswa-siswi dalam menyerap informasi terkait jaringan komputer. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti mengimplementasikan teknik motion graphic dalam video pembelajaran sebagai media untuk menyampaikan materi dasar jaringan komputer. Metode yang digunakan adalah pengembangan video pembelajaran berbasis motion graphic yang mencakup penjelasan tentang LAN, MAN, WAN, WLAN, serta perangkat keras jaringan seperti router, switch, hub dan lain sebagainya. Proses pembuatan video ini melibatkan tahap perencanaan, pembuatan skenario, animasi, dan penyuntingan, dengan tujuan untuk menciptakan video yang informatif, interaktif, dan menarik bagi siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan motion graphic dalam video pembelajaran termasuk dalam kategori ‘Sangat Baik’. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan skala likert dengan persentase sebesar 86% oleh ahli multimedia yaitu Bapak Buyut Khoirul Umri, M. Kom dan Bapak Muzakki Ahmad, M. Kom, 96% oleh guru pengampu mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 3 Pakis, dan 82,27% oleh murid kelas 8A di SMP Negeri 3 Pakis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Jaringan Komputer, Jaringan, Motion Graphic, Video Pembelajaran | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:17 | ||
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |