IMPLEMENTASI TEKNIK PRIMITIF DAN MODELING ENVIRONMENT ANIMASI 3D MAMANG RACING

Putra, Yusril Mitsal Azna (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK PRIMITIF DAN MODELING ENVIRONMENT ANIMASI 3D MAMANG RACING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0914.zip
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Perancangan asset environment pada film pendek animasi 3D "Mamang Racing", yang terdiri dari beberapa tahapan utama: pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Pada tahap pra-produksi, dilakukan penelitian dan pengembangan konsep artistik, seperti membuat sketsa, dan storyboard, untuk menentukan gaya visual dan atmosfer yang sesuai dengan tema balapan animasi. Pada tahap produksi, dilakukan pemodelan 3D, tekstur, dan pemodelan dilakukan menggunakan Blender, dengan perhatian khusus pada detail untuk membuat environtment menjadi realistis dan mendukung alur cerita. Pencahayaan diatur agar sesuai dengan mood dan suasana yang diinginkan, dan tekstur digunakan untuk memberikan kesan visual yang kaya dan mendalam. Rendering dan compositing dilakukan pada tahap pasca-produksi untuk menggabungkan elemen visual secara harmonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan, dan implementasi. Pertama, dilakukan analisis terhadap elemen-elemen yang diperlukan dalam film balapan, termasuk karakter, kendaraan, dan environment. Modeling environment dilakukan dengan mempertimbangkan aspek estetika dan fungsionalitas. environment balap dirancang untuk memberikan pengalaman yang realistis bagi penonton. Penggunaan tekstur dan pencahayaan yang tepat juga menjadi fokus dalam menciptakan suasana yang mendukung pada film. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi praktisi dan akademisi animasi 3D, khususnya dalam hal perancangan environment, karena hasilnya menunjukkan bahwa kualitas visual dan pengalaman penonton dalam film pendek ini dapat ditingkatkan melalui perancangan aset environment yang cermat dan terintegrasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Perancangan Aset Environment, Animasi 3D, Mamang Racing, Film Pendek, Teksturisasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:12
Last Modified: 10 Sep 2025 07:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30610

Actions (login required)

View Item View Item