Putra, Yusril Mitsal Azna (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK PRIMITIF DAN MODELING ENVIRONMENT ANIMASI 3D MAMANG RACING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0914.zip Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah Perancangan asset environment pada film pendek animasi 3D "Mamang Racing", yang terdiri dari beberapa tahapan utama: pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Pada tahap pra-produksi, dilakukan penelitian dan pengembangan konsep artistik, seperti membuat sketsa, dan storyboard, untuk menentukan gaya visual dan atmosfer yang sesuai dengan tema balapan animasi. Pada tahap produksi, dilakukan pemodelan 3D, tekstur, dan pemodelan dilakukan menggunakan Blender, dengan perhatian khusus pada detail untuk membuat environtment menjadi realistis dan mendukung alur cerita. Pencahayaan diatur agar sesuai dengan mood dan suasana yang diinginkan, dan tekstur digunakan untuk memberikan kesan visual yang kaya dan mendalam. Rendering dan compositing dilakukan pada tahap pasca-produksi untuk menggabungkan elemen visual secara harmonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan, dan implementasi. Pertama, dilakukan analisis terhadap elemen-elemen yang diperlukan dalam film balapan, termasuk karakter, kendaraan, dan environment. Modeling environment dilakukan dengan mempertimbangkan aspek estetika dan fungsionalitas. environment balap dirancang untuk memberikan pengalaman yang realistis bagi penonton. Penggunaan tekstur dan pencahayaan yang tepat juga menjadi fokus dalam menciptakan suasana yang mendukung pada film. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi praktisi dan akademisi animasi 3D, khususnya dalam hal perancangan environment, karena hasilnya menunjukkan bahwa kualitas visual dan pengalaman penonton dalam film pendek ini dapat ditingkatkan melalui perancangan aset environment yang cermat dan terintegrasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Aset Environment, Animasi 3D, Mamang Racing, Film Pendek, Teksturisasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:12 | ||
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |