Said, Andhika Wildan Pratama Nur (2025) {SKEMA ARTIS} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN KOMERSIAL “SUPER MIGUNANI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2367.zip Restricted to Repository staff only Download (195MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
Abstract
Skripsi ini berfokus pada proses kreatif sutradara dalam pembuatan iklan komersial “Super Migunani” yang bertujuan mempromosikan produk pupuk dan maggot hasil olahan dari TPS 3R Migunani Plalangan, sebuah unit usaha milik BUMDes Amarta Pandowoharjo. Permasalahan utama yang diangkat adalah kurangnya strategi promosi visual yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat luas. Dalam pembuatan karya ini, penulis berperan sebagai sutradara yang memegang peran utama dalam merancang konsep, mengarahkan produksi, hingga menyusun hasil akhir iklan Sebagai sutradara, penulis bertanggung jawab terhadap seluruh aspek kreatif mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pascaproduksi. Proses kreatif yang diterapkan menggunakan teori Wallas yang terdiri dari empat tahap: persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Pada tahap persiapan, penulis melakukan observasi dan wawancara untuk menggali informasi mengenai permasalahan yang dihadapi mitra. Tahap inkubasi dijalani dengan pengolahan ide bersama tim, yang kemudian melahirkan gagasan tokoh “Super Migunani” pada tahap iluminasi sebagai pendekatan visual yang jenaka dan mudah diingat. Tahap verifikasi dilakukan melalui penyusunan storyline, proses produksi, editing, hingga publikasi karya. Hasil akhirnya adalah sebuah iklan dengan gaya komedi ringan yang menyampaikan pesan promosi secara informatif, kreatif, dan menarik bagi khalayak. Proses kreatif yang terstruktur mampu menghasilkan karya iklan yang tidak hanya komunikatif dan menarik, tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan secara luas kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Proses Kreatif, Sutradara, Iklan Komersial, TPS 3R Migunani Plalangan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:54 | ||
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |