{SKEMA ARTIS} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN KOMERSIAL “SUPER MIGUNANI”

Said, Andhika Wildan Pratama Nur (2025) {SKEMA ARTIS} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN KOMERSIAL “SUPER MIGUNANI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2367.zip
Restricted to Repository staff only

Download (195MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada proses kreatif sutradara dalam pembuatan iklan komersial “Super Migunani” yang bertujuan mempromosikan produk pupuk dan maggot hasil olahan dari TPS 3R Migunani Plalangan, sebuah unit usaha milik BUMDes Amarta Pandowoharjo. Permasalahan utama yang diangkat adalah kurangnya strategi promosi visual yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat luas. Dalam pembuatan karya ini, penulis berperan sebagai sutradara yang memegang peran utama dalam merancang konsep, mengarahkan produksi, hingga menyusun hasil akhir iklan Sebagai sutradara, penulis bertanggung jawab terhadap seluruh aspek kreatif mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pascaproduksi. Proses kreatif yang diterapkan menggunakan teori Wallas yang terdiri dari empat tahap: persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Pada tahap persiapan, penulis melakukan observasi dan wawancara untuk menggali informasi mengenai permasalahan yang dihadapi mitra. Tahap inkubasi dijalani dengan pengolahan ide bersama tim, yang kemudian melahirkan gagasan tokoh “Super Migunani” pada tahap iluminasi sebagai pendekatan visual yang jenaka dan mudah diingat. Tahap verifikasi dilakukan melalui penyusunan storyline, proses produksi, editing, hingga publikasi karya. Hasil akhirnya adalah sebuah iklan dengan gaya komedi ringan yang menyampaikan pesan promosi secara informatif, kreatif, dan menarik bagi khalayak. Proses kreatif yang terstruktur mampu menghasilkan karya iklan yang tidak hanya komunikatif dan menarik, tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan secara luas kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Proses Kreatif, Sutradara, Iklan Komersial, TPS 3R Migunani Plalangan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:54
Last Modified: 10 Sep 2025 02:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30573

Actions (login required)

View Item View Item