{SKEMA ARTIS} PENERAPAN AIDA PADA KONTEN VISUAL IKLAN VEN BARBERSHOP

Yerwuan, Willem (2025) {SKEMA ARTIS} PENERAPAN AIDA PADA KONTEN VISUAL IKLAN VEN BARBERSHOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (851kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.96.0875.zip
Restricted to Repository staff only

Download (140MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) pada Konten Visual Iklan Ven Barbershop. Tujuan dari karya ini adalah untuk menciptakan iklan yang mampu menarik perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan audiens untuk menggunakan jasa Ven Barbershop. Proses penciptaan karya diawali dengan observasi lapangan untuk memperoleh data visual dan suasana lokasi, seperti pencahayaan, interaksi barberman dengan customer, dan proses pelayanan. Hasil observasi menjadi dasar dalam menyusun premis, logline, synopsis, naskah, storyline, shotlist, hingga storyboard. Tahapan AIDA diterapkan dalam visual melalui pengambilan gambar Sinematik, penggunaan sudut pengambilan yang variatif, dan penyusunan adegan secara berurutan sesuai alur konsep. Visual iklan menggambarkan transformasi pelanggan setelah mendapat pelayanan, diakhiri dengan logo dan alamat sebagai ajakan. Hasil karya menunjukkan bahwa penerapan AIDA efektif dalam memperkuat citra merek dan meningkatkan ketertarikan audiens. Konten visual iklan ini menjadi contoh penerapan strategi visual yang menarik, informatif, dan persuasif bagi audiens serta relevan untuk pelaku usaha barbershop.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aprilia, Monika Pretty
Uncontrolled Keywords: AIDA, Visual, Iklan, Barbershop
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:44
Last Modified: 09 Sep 2025 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item