Yerwuan, Willem (2025) {SKEMA ARTIS} PENERAPAN AIDA PADA KONTEN VISUAL IKLAN VEN BARBERSHOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.96.0875.zip Restricted to Repository staff only Download (140MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) pada Konten Visual Iklan Ven Barbershop. Tujuan dari karya ini adalah untuk menciptakan iklan yang mampu menarik perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan audiens untuk menggunakan jasa Ven Barbershop. Proses penciptaan karya diawali dengan observasi lapangan untuk memperoleh data visual dan suasana lokasi, seperti pencahayaan, interaksi barberman dengan customer, dan proses pelayanan. Hasil observasi menjadi dasar dalam menyusun premis, logline, synopsis, naskah, storyline, shotlist, hingga storyboard. Tahapan AIDA diterapkan dalam visual melalui pengambilan gambar Sinematik, penggunaan sudut pengambilan yang variatif, dan penyusunan adegan secara berurutan sesuai alur konsep. Visual iklan menggambarkan transformasi pelanggan setelah mendapat pelayanan, diakhiri dengan logo dan alamat sebagai ajakan. Hasil karya menunjukkan bahwa penerapan AIDA efektif dalam memperkuat citra merek dan meningkatkan ketertarikan audiens. Konten visual iklan ini menjadi contoh penerapan strategi visual yang menarik, informatif, dan persuasif bagi audiens serta relevan untuk pelaku usaha barbershop.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | AIDA, Visual, Iklan, Barbershop | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:44 | ||
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |