Edy, Lattenio Sri (2025) REPRESENTASI PEREMPUAN MASKULIN DALAM FILM THE BIG 4 KARYA TIMO TJAHJANTO 2022. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Representasi Perempuan Maskulin dalam Film The Big 4 Karya Timo Tjahjanto 2022”. Sudut pandang perempuan dalam masyarakat dengan adanya karakter feminin dan maskulin ditengah kebudayaan patriarki seolah memberikan batasan terhadap perempuan pada suatu posisi. Perempuan dilabeli dengan sifat feminin sebagai kaum yang lemah, pasif, dan berada dibawah kaum laki-laki yang memiliki sifat maskulin dianggap kuat dan superior. Penelitian ini dilakukan degan tujuan mengetahui bagaimana perempuan maskulin direpresentasikan dalam film The Big 4. Dalam dunia film, perubahan gender seseorang aktor dapat ditukar, salah satunya adalah perempuan yang menjadi maskulin. Fenomena inilah yang akan menjadi latar belakang penelitian, berdasarkan paradigma konstruktivis dengan menggunakan metode analisis semiotika John Fiske. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Keabsahan data menggunakan pengamatan berulang dalam film The Big 4 pada platform Netflix dan refrensi jurnal, e-book, internet. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa karakter perempuan dalam film ini direpresentasikan dengan ciri-ciri maskulinitas yang umumnya dilekatkan pada laki-laki, seperti keberanian, kekuatan fisik, dominan dan independen. Melalui level realitas, tampak dari gaya berpakaian yang fungsional, kasual, dan minim elemen feminin. Pada level represnetasi, penggunaakn sudut pengambilan gambar, dialog yang tegas, serta adegan aksi yang intens memperkuat kesan maskulin. Sedangkan pada level ideologi, film The Big 4 menunjukkan pergeseran norma gender dengan menghadirkan perempuan yang mengubah stereotip pasif dan emosional. Penelitian ini menegaskan bahwa representasi gender dalam media tidak bersifat netral, akan tetapi merupakan hasil konstruksi sosial dan budaya. Film The Big 4 menjadi salah satu contoh bagaimana permpuan dapat direpresentasikan secara maskulin tanpa kehilangan identitasnya sebagai permpuan, sekaligus mengganggu batas-batas gender yang konvensional.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Representsi, Maskulin, Semiotika, Film The Big 4 | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:29 | ||
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |