REPRESENTASI PEREMPUAN MASKULIN DALAM FILM THE BIG 4 KARYA TIMO TJAHJANTO 2022

Edy, Lattenio Sri (2025) REPRESENTASI PEREMPUAN MASKULIN DALAM FILM THE BIG 4 KARYA TIMO TJAHJANTO 2022. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Perempuan Maskulin dalam Film The Big 4 Karya Timo Tjahjanto 2022”. Sudut pandang perempuan dalam masyarakat dengan adanya karakter feminin dan maskulin ditengah kebudayaan patriarki seolah memberikan batasan terhadap perempuan pada suatu posisi. Perempuan dilabeli dengan sifat feminin sebagai kaum yang lemah, pasif, dan berada dibawah kaum laki-laki yang memiliki sifat maskulin dianggap kuat dan superior. Penelitian ini dilakukan degan tujuan mengetahui bagaimana perempuan maskulin direpresentasikan dalam film The Big 4. Dalam dunia film, perubahan gender seseorang aktor dapat ditukar, salah satunya adalah perempuan yang menjadi maskulin. Fenomena inilah yang akan menjadi latar belakang penelitian, berdasarkan paradigma konstruktivis dengan menggunakan metode analisis semiotika John Fiske. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Keabsahan data menggunakan pengamatan berulang dalam film The Big 4 pada platform Netflix dan refrensi jurnal, e-book, internet. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa karakter perempuan dalam film ini direpresentasikan dengan ciri-ciri maskulinitas yang umumnya dilekatkan pada laki-laki, seperti keberanian, kekuatan fisik, dominan dan independen. Melalui level realitas, tampak dari gaya berpakaian yang fungsional, kasual, dan minim elemen feminin. Pada level represnetasi, penggunaakn sudut pengambilan gambar, dialog yang tegas, serta adegan aksi yang intens memperkuat kesan maskulin. Sedangkan pada level ideologi, film The Big 4 menunjukkan pergeseran norma gender dengan menghadirkan perempuan yang mengubah stereotip pasif dan emosional. Penelitian ini menegaskan bahwa representasi gender dalam media tidak bersifat netral, akan tetapi merupakan hasil konstruksi sosial dan budaya. Film The Big 4 menjadi salah satu contoh bagaimana permpuan dapat direpresentasikan secara maskulin tanpa kehilangan identitasnya sebagai permpuan, sekaligus mengganggu batas-batas gender yang konvensional.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Representsi, Maskulin, Semiotika, Film The Big 4
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:29
Last Modified: 09 Sep 2025 06:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30554

Actions (login required)

View Item View Item