Putrawana, Tegar Tri (2025) {SKEMA MAGANG} PENERAPAN TEKNIK VIDEO EDITING KREATIF DENGAN METODE DESAIN INTERAKTIF DALAM PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MARICA.ID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (708kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4111.zip Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
Abstract
Penerapan teknik video editing kreatif dan metode desain interaktif dalam pembuatan media pembelajaran untuk anak usia dini di platform Marica.id bertujuan untuk mengatasi rendahnya minat belajar dan keterlibatan anak-anak usia dini dalam pembelajaran tradisional. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif yang dapat menarik perhatian serta meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar. Hal ini menyebabkan penurunan pemahaman materi oleh anak-anak dan mengurangi fektivitas pembelajaran. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan video edukasi yang menggunakan elemen visual dan udio yang menarik, seperti animasi, musik, dan transisi dinamis, serta desain interaktif yang memungkinkan anak-anak berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran. Teknik ini dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan mendalam bagi anak-anak, sehingga mereka tidak hanya memahami materi secara lebih baik tetapi juga lebih termotivasi untuk belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan kolaborasi antara desainer kurikulum dan video editor untuk memastikan materi yang disampaikan sesuai dengan karakteristik anak-anak usia dini dan mudah dipahami. Dalam proses ini, konten yang dikembangkan diuji untuk menilai kualitas dan efektivitasnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti daya tarik visual, keterlibatan audiens, dan pemahaman materi yang diajarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik video diting kreatif dan desain interaktif dapat secara signifikan meningkatkan kualitas media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif bagi anak-anak. Penelitian ini berkontribusi dalam menciptakan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang platform pendidikan dan pendidik untuk meningkatkan proses belajar anak-anak. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh video interaktif terhadap peningkatan keterampilan kognitif dan sosial anak, serta penerapannya dalam berbagai konteks pendidikan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video Editing, Desain Interaktif, Pembelajaran Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Marica.Id | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:21 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |