Zakaria, Firdaus (2025) IMPLEMENTASI GAME EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI SEKOLAH TK ABA AL-IMAN GENDENG YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.3903.zip Restricted to Repository staff only Download (155MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
Abstract
Pembelajaran huruf Hijaiyah di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) masih sering dilakukan secara konvensional, yang menyebabkan anak-anak cepat merasa bosan dan kurang tertarik dalam proses belajar. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya pada anak usia dini yang lebih menyukai pembelajaran melalui media yang menyenangkan dan visual. Kurangnya media pembelajaran interaktif menjadi faktor yang memengaruhi rendahnya pemahaman serta minat belajar anak terhadap huruf Hijaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di TK ABA Al-Iman Gendeng Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan checklist evaluasi berdasarkan framework MEEGA+ (Model for the Evaluation of Educational Games). Game edukasi huruf Hijaiyah yang dikembangkan menggunakan Construct 2 diimplementasikan langsung di kelas, kemudian dievaluasi dari aspek usability, player experience, dan learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini mampu meningkatkan keterlibatan, fokus, dan pemahaman anak dalam belajar huruf Hijaiyah. Aspek usability memperoleh skor rata-rata 4,33, player experience 4,79, dan learning 4,08. Game ini dapat dimanfaatkan oleh guru TK sebagai media pembelajaran alternatif yang menyenangkan dan efektif. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan materi lebih lanjut seperti tajwid atau pelafalan berharakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Pembelajaran Interaktif, MEEGA+ | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:26 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |