IMPLEMENTASI GAME EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI SEKOLAH TK ABA AL-IMAN GENDENG YOGYAKARTA

Zakaria, Firdaus (2025) IMPLEMENTASI GAME EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DI SEKOLAH TK ABA AL-IMAN GENDENG YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.3903.zip
Restricted to Repository staff only

Download (155MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

Pembelajaran huruf Hijaiyah di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) masih sering dilakukan secara konvensional, yang menyebabkan anak-anak cepat merasa bosan dan kurang tertarik dalam proses belajar. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya pada anak usia dini yang lebih menyukai pembelajaran melalui media yang menyenangkan dan visual. Kurangnya media pembelajaran interaktif menjadi faktor yang memengaruhi rendahnya pemahaman serta minat belajar anak terhadap huruf Hijaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di TK ABA Al-Iman Gendeng Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan checklist evaluasi berdasarkan framework MEEGA+ (Model for the Evaluation of Educational Games). Game edukasi huruf Hijaiyah yang dikembangkan menggunakan Construct 2 diimplementasikan langsung di kelas, kemudian dievaluasi dari aspek usability, player experience, dan learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini mampu meningkatkan keterlibatan, fokus, dan pemahaman anak dalam belajar huruf Hijaiyah. Aspek usability memperoleh skor rata-rata 4,33, player experience 4,79, dan learning 4,08. Game ini dapat dimanfaatkan oleh guru TK sebagai media pembelajaran alternatif yang menyenangkan dan efektif. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan materi lebih lanjut seperti tajwid atau pelafalan berharakat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Pembelajaran Interaktif, MEEGA+
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:26
Last Modified: 21 Aug 2025 01:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30491

Actions (login required)

View Item View Item