IMPLEMENTASI ACTION SCRIPT 3.0 DALAM KUIS INTERAKTIF SISTEM TATA SURYA STUDI KASUS: MI MUHAMMADIYAH JUMOYO

Pasha, Muhammad Ali Islamay (2025) IMPLEMENTASI ACTION SCRIPT 3.0 DALAM KUIS INTERAKTIF SISTEM TATA SURYA STUDI KASUS: MI MUHAMMADIYAH JUMOYO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1330.zip
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan Adobe Animate sebagai sarana pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di MI Muhammadiyah Jumoyo. Selama proses belajar mengajar, media pembelajaran tradisional dinilai kurang mampu menarik minat siswa secara optimal, sehingga diperlukan inovasi penyampaian materi yang lebih menarik dan interaktif. Media interaktif ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi sekaligus meningkatkan semangat belajar mereka. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Tahap awal berupa analisis kebutuhan dilakukan melalui observasi serta wawancara dengan guru dan siswa guna mengidentifikasi kendala dalam pembelajaran. Tahap desain difokuskan pada penyusunan media yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar, seperti pemilihan warna, animasi, dan elemen interaktif lainnya. Pembuatan media dilakukan menggunakan Adobe Animate yang mendukung interaksi antara pengguna dan konten pembelajaran, termasuk fitur kuis dan animasi. Setelah proses perancangan, media diimplementasikan dan diuji coba bersama guru dan siswa sebagai pengguna utama. Uji coba ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana media dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Guru pun memberikan tanggapan positif, menyatakan bahwa materi menjadi lebih mudah untuk dijelaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah pemahaman konsep, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Media interaktif, Adobe Animate, ADDIE, IPAS
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:44
Last Modified: 20 Aug 2025 07:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30488

Actions (login required)

View Item View Item