{SKEMA MAGANG ARTIST{ PEMBAHASAN MODELING 3D ENVIRONMENT PADA GAME "HAUNTED WILDERNESS" MENGGUNAKAN TEKNIK HIGH POLLY

Amrullah, Helmi Arjuna (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST{ PEMBAHASAN MODELING 3D ENVIRONMENT PADA GAME "HAUNTED WILDERNESS" MENGGUNAKAN TEKNIK HIGH POLLY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1240.zip
Restricted to Repository staff only

Download (94MB)

Abstract

Penelitian ini membahas proses dan pendekatan artistik dalam pembuatan model lingkungan 3D (3D environment modeling) pada game "Haunted Wilderness", dengan penekanan pada penggunaan teknik high poly. Teknik ini digunakan untuk menciptakan detail visual yang tinggi dan nuansa realistis, yang sangat penting dalam membangun atmosfer horor yang imersif. Proses modeling mencakup pembuatan elemen lingkungan seperti hutan angker, bangunan tua yang terbengkalai, serta lanskap yang mendukung suasana menyeramkan. Perangkat lunak seperti ZBrush, Blender, dan Substance Painter digunakan dalam tahap pemodelan, pemahatan detail, dan pewarnaan tekstur. Meskipun model high poly memiliki jumlah poligon yang tinggi, optimalisasi dilakukan melalui proses retopologi dan baking agar tetap efisien untuk dijalankan dalam game engine seperti Unreal Engine atau Unity. Penelitian ini juga menyoroti tantangan dalam menjaga keseimbangan antara kualitas visual dan performa game, serta bagaimana elemen visual dapat memperkuat narasi dan pengalaman emosional pemain. Penggunaan teknik high poly dalam Haunted Wilderness berhasil menciptakan lingkungan yang mendalam dan mendukung cerita dengan kekuatan visual yang kuat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: 3D Environment, High Poly, Game Horror, Modeling, Retopologi, Haunted Wilderness, Visual Realisme, Game Development
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:22
Last Modified: 20 Aug 2025 07:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item View Item