Amrullah, Helmi Arjuna (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST{ PEMBAHASAN MODELING 3D ENVIRONMENT PADA GAME "HAUNTED WILDERNESS" MENGGUNAKAN TEKNIK HIGH POLLY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1240.zip Restricted to Repository staff only Download (94MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas proses dan pendekatan artistik dalam pembuatan model lingkungan 3D (3D environment modeling) pada game "Haunted Wilderness", dengan penekanan pada penggunaan teknik high poly. Teknik ini digunakan untuk menciptakan detail visual yang tinggi dan nuansa realistis, yang sangat penting dalam membangun atmosfer horor yang imersif. Proses modeling mencakup pembuatan elemen lingkungan seperti hutan angker, bangunan tua yang terbengkalai, serta lanskap yang mendukung suasana menyeramkan. Perangkat lunak seperti ZBrush, Blender, dan Substance Painter digunakan dalam tahap pemodelan, pemahatan detail, dan pewarnaan tekstur. Meskipun model high poly memiliki jumlah poligon yang tinggi, optimalisasi dilakukan melalui proses retopologi dan baking agar tetap efisien untuk dijalankan dalam game engine seperti Unreal Engine atau Unity. Penelitian ini juga menyoroti tantangan dalam menjaga keseimbangan antara kualitas visual dan performa game, serta bagaimana elemen visual dapat memperkuat narasi dan pengalaman emosional pemain. Penggunaan teknik high poly dalam Haunted Wilderness berhasil menciptakan lingkungan yang mendalam dan mendukung cerita dengan kekuatan visual yang kuat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D Environment, High Poly, Game Horror, Modeling, Retopologi, Haunted Wilderness, Visual Realisme, Game Development | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:22 | ||
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |