{SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN 2D FRAME BY FRAME SCENE "LIMBO" PADA FILM PENDEK "PETUALANGAN DIMENSI"

Adji, Dimas (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN 2D FRAME BY FRAME SCENE "LIMBO" PADA FILM PENDEK "PETUALANGAN DIMENSI". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0764.zip
Restricted to Repository staff only

Download (114MB)

Abstract

Teknik frame by frame merupakan salah satu teknik dalam pembuatan animasi 2 dimensi, dengan cara menggambar satu persatu pergerakan animasi dalam setiap framenya. Parama Creative selaku mitra industri yang bergerak dibidang animasi, broadcasting dan film, bekerja sama dengan MSV Studio dalam pengembangan dan implementasi program Capstone Project. Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi nyata dunia industri dengan institusi pendidikan, dengan tujuan membuat project iklan universitas amikom yogyakarta. Dengan demikian penulis mengerjakan salah satu scene project animasi, gambaran animasi ini menceritakan karakter yang berpindah dimensi. Agar kebutuhan fungsional dapat lebih detail dalam penganalisanya, maka penulis menjabarkan kebutuhan fungsional menjadi 2 aspek, yaitu aspek teknis dan aspek kreatif. Aspek kreatif menjelaskan masing-masing kebutuhan fungsional menjadi bentuk visual, sedangkan aspek teknis menjelaskan garis besar dalam proses pembuatannya. Hasil akhir pemberian effect dimensi limbo, untuk mendapatkan hasil visual suasana yang mencekam, menciptakan kesan ruang yang tidak stabil, kabur, dan melayang ciri khas dari dimensi limbo yang terputus dari realitas fisik.Setelah membuat line art dan pewarnaan, penulis menyusun gambargambar karakter monster dan portal ke dalam timeline animasi di Toon Boom Harmony. Disini, penulis menentukan urutan gambar setiap frame untuk memastikan transisi animasi berjalan dengan baik.Dari hasil penelitian berjudul Pembahasan 2D Frame by frame Scene “Limbo” Pada film pendek “Petualangan Dimensi”. Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Implementasi teknik yang dilakukan dengan tahap brief produksi, analisa kebutuhan, analisa aspek produksi, desain, produksi pasca produksi dan evaluasi Dari hasil evaluasi kegiatan didapat didapatkan prosentase 59,6% yang berarti tergolong cukup

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Teknik Frame by Frame, Prinsip Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Aug 2025 06:53
Last Modified: 20 Aug 2025 06:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30471

Actions (login required)

View Item View Item