Adji, Dimas (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN 2D FRAME BY FRAME SCENE "LIMBO" PADA FILM PENDEK "PETUALANGAN DIMENSI". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0764.zip Restricted to Repository staff only Download (114MB) |
Abstract
Teknik frame by frame merupakan salah satu teknik dalam pembuatan animasi 2 dimensi, dengan cara menggambar satu persatu pergerakan animasi dalam setiap framenya. Parama Creative selaku mitra industri yang bergerak dibidang animasi, broadcasting dan film, bekerja sama dengan MSV Studio dalam pengembangan dan implementasi program Capstone Project. Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi nyata dunia industri dengan institusi pendidikan, dengan tujuan membuat project iklan universitas amikom yogyakarta. Dengan demikian penulis mengerjakan salah satu scene project animasi, gambaran animasi ini menceritakan karakter yang berpindah dimensi. Agar kebutuhan fungsional dapat lebih detail dalam penganalisanya, maka penulis menjabarkan kebutuhan fungsional menjadi 2 aspek, yaitu aspek teknis dan aspek kreatif. Aspek kreatif menjelaskan masing-masing kebutuhan fungsional menjadi bentuk visual, sedangkan aspek teknis menjelaskan garis besar dalam proses pembuatannya. Hasil akhir pemberian effect dimensi limbo, untuk mendapatkan hasil visual suasana yang mencekam, menciptakan kesan ruang yang tidak stabil, kabur, dan melayang ciri khas dari dimensi limbo yang terputus dari realitas fisik.Setelah membuat line art dan pewarnaan, penulis menyusun gambargambar karakter monster dan portal ke dalam timeline animasi di Toon Boom Harmony. Disini, penulis menentukan urutan gambar setiap frame untuk memastikan transisi animasi berjalan dengan baik.Dari hasil penelitian berjudul Pembahasan 2D Frame by frame Scene “Limbo” Pada film pendek “Petualangan Dimensi”. Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Implementasi teknik yang dilakukan dengan tahap brief produksi, analisa kebutuhan, analisa aspek produksi, desain, produksi pasca produksi dan evaluasi Dari hasil evaluasi kegiatan didapat didapatkan prosentase 59,6% yang berarti tergolong cukup
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Teknik Frame by Frame, Prinsip Animasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:53 | ||
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |