PENGEMBANGAN GAME TOWER DEFENSE BERBASIS MOBILE DENGAN METODE MDLC UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN STRATEGI PEMAIN

Pranata, Carlo Alesandrino (2025) PENGEMBANGAN GAME TOWER DEFENSE BERBASIS MOBILE DENGAN METODE MDLC UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN STRATEGI PEMAIN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1943.zip
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permainan Tower Defense merupakan salah satu genre game strategi yang populer di kalangan pemain game mobile karena menantang kemampuan berpikir taktis dan pengambilan keputusan cepat. Menurut laporan Sensor Tower (2023), game bergenre strategi termasuk Tower Defense mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah unduhan dan tingkat retensi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game Tower Defense berbasis mobile yang dirancang untuk melatih keterampilan berpikir strategis pemain melalui berbagai level dan tantangan, dengan mekanisme pertahanan menara sebagai elemen inti permainan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), karena memiliki alur kerja yang sistematis dan sesuai untuk proyek multimedia interaktif seperti game. MDLC terdiri dari enam tahapan: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Game yang dikembangkan berjudul Kingdom Defense, menyajikan tiga level permainan dengan tingkat kesulitan berbeda serta tiga jenis menara utama, yaitu Archer Tower, Mage Tower, dan Knight Tower yang dapat ditingkatkan kemampuannya. Hasil akhir menunjukkan bahwa game ini berjalan dengan baik secara fungsional dan memberikan potensi sebagai media interaktif yang menyenangkan dalam melatih kemampuan berpikir strategis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran berbasis game, khususnya bagi pengembang pemula dalam merancang game strategi edukatif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Game, Pengembangan Aplikasi, MDLC, Keterampilan Strategi, Game Mobile
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:28
Last Modified: 15 Aug 2025 07:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30393

Actions (login required)

View Item View Item