Pranata, Carlo Alesandrino (2025) PENGEMBANGAN GAME TOWER DEFENSE BERBASIS MOBILE DENGAN METODE MDLC UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN STRATEGI PEMAIN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (933kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1943.zip Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permainan Tower Defense merupakan salah satu genre game strategi yang populer di kalangan pemain game mobile karena menantang kemampuan berpikir taktis dan pengambilan keputusan cepat. Menurut laporan Sensor Tower (2023), game bergenre strategi termasuk Tower Defense mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah unduhan dan tingkat retensi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game Tower Defense berbasis mobile yang dirancang untuk melatih keterampilan berpikir strategis pemain melalui berbagai level dan tantangan, dengan mekanisme pertahanan menara sebagai elemen inti permainan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), karena memiliki alur kerja yang sistematis dan sesuai untuk proyek multimedia interaktif seperti game. MDLC terdiri dari enam tahapan: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Game yang dikembangkan berjudul Kingdom Defense, menyajikan tiga level permainan dengan tingkat kesulitan berbeda serta tiga jenis menara utama, yaitu Archer Tower, Mage Tower, dan Knight Tower yang dapat ditingkatkan kemampuannya. Hasil akhir menunjukkan bahwa game ini berjalan dengan baik secara fungsional dan memberikan potensi sebagai media interaktif yang menyenangkan dalam melatih kemampuan berpikir strategis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran berbasis game, khususnya bagi pengembang pemula dalam merancang game strategi edukatif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Pengembangan Aplikasi, MDLC, Keterampilan Strategi, Game Mobile | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:28 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |