Brataditama, Tegar Putra (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBUATAN ASET KARAKTER GAME "PATRIOT" MENGGUNAKAN FRAME BY FRAME 2 DIMENSI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1148.zip Restricted to Repository staff only Download (62MB) |
Abstract
Game berbasis 2 dimensi (2D) memiliki daya tarik tersendiri dalam industri permainan karena keunikan visualnya dan efisiensi produksi. Penelitian ini menganalisis proses pembuatan game “PATRIOT” menggunakan metode animasi frame by frame berbasis perangkat lunak Toon Boom. Toon Boom dipilih karena kemampuannya dalam mendukung pembuatan animasi berkualitas. Tahapan penelitian meliputi perancangan konsep, pembuatan aset visual, animasi karakter, hingga integrasi aset ke dalam sistem permainan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode frame by frame dengan Toon Boom memungkinkan penggambaran detail yang halus dan ekspresif, memberikan karakteristik unik pada visual game. Meskipun demikian, pendekatan ini membutuhkan waktu produksi yang lebih lama dibandingkan metode lain seperti rigging animation, serta membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan perangkat lunak. Secara keseluruhan, penggunaan Toon Boom dalam proses animasi memberikan hasil yang memuaskan, terutama dalam meningkatkan kualitas estetika dan daya tarik visual dari game “PATRIOT”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Aset Game, Frame by Frame, Animasi 2D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:46 | ||
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |