{SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBUATAN ASET KARAKTER GAME "PATRIOT" MENGGUNAKAN FRAME BY FRAME 2 DIMENSI

Brataditama, Tegar Putra (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBUATAN ASET KARAKTER GAME "PATRIOT" MENGGUNAKAN FRAME BY FRAME 2 DIMENSI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1148.zip
Restricted to Repository staff only

Download (62MB)

Abstract

Game berbasis 2 dimensi (2D) memiliki daya tarik tersendiri dalam industri permainan karena keunikan visualnya dan efisiensi produksi. Penelitian ini menganalisis proses pembuatan game “PATRIOT” menggunakan metode animasi frame by frame berbasis perangkat lunak Toon Boom. Toon Boom dipilih karena kemampuannya dalam mendukung pembuatan animasi berkualitas. Tahapan penelitian meliputi perancangan konsep, pembuatan aset visual, animasi karakter, hingga integrasi aset ke dalam sistem permainan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode frame by frame dengan Toon Boom memungkinkan penggambaran detail yang halus dan ekspresif, memberikan karakteristik unik pada visual game. Meskipun demikian, pendekatan ini membutuhkan waktu produksi yang lebih lama dibandingkan metode lain seperti rigging animation, serta membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan perangkat lunak. Secara keseluruhan, penggunaan Toon Boom dalam proses animasi memberikan hasil yang memuaskan, terutama dalam meningkatkan kualitas estetika dan daya tarik visual dari game “PATRIOT”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Game, Aset Game, Frame by Frame, Animasi 2D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:46
Last Modified: 13 Aug 2025 04:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30323

Actions (login required)

View Item View Item