ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Mushodiq, Wibi Chamim (2020) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0068-Wibi Chamim Mushodiq - Wibi Chamim.rar
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0068-Wibi Chamim Mushodiq - Wibi Chamim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Wisata di Indonesia merupakan salah satu penghasil devisa terbesar negara, pada tahun 2015 presiden indonesia Joko Widodo memberikan amanat presiden melalui surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 yang berisi arahan mengenai pariwisata untuk pengembangan 10 destinasi prioritas yang kemudian mulai berkembang pada tahun 2017 dan menjadi salah satu agenda prioritas bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 yaitu Wishnutama. Dalam perkembangannya salah satu yang menjadi poin penting untuk mempromosikan 10 destinasi wisata prioritas adalah social strategy yaitu membangun hubungan antara pelaku pariwisata dengan wisatawan. Social strategy digunakan sebagai pendekatan terhadap wisatawan dengan memperhatikan interaksinya dengan orang lain di media sosial dengan target yaitu penjualan atau brand awareness. Dengan mengetahui sentiment, pendapat, keinginan masyarakat Indonesia terhadap tempat wisata, hal itu dapat digunakan sebagai acuan bagi pengelola maupun pemerintah untuk berbenah diri dan meningkatkan kualitas wisata agar memberikan layanan terbaik bagi pengunjung, atau menyusun strategi baru apabila memang dibutuhkan untuk memperkuat kualitas pariwisata di Indonesia. Sifat media sosial yang terbuka membuat penggunanya bebas mengekspresikan pendapatnya. Twitter merupakan salah satu sosial media yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini mencoba memanfaatkan apa yang pengguna tulis atau posting di media sosial Twitter atau lebih dikenal dengan istilah tweet. Tweet tersebut nantinya akan diolah dengan text mining dan diproses menggunakan metode Naive Bayes Classifier.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sunyoto, Andi
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Media Sosial, Klasifikasi, Naive Bayes Classifier, TF-IDF
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:10
Last Modified: 23 Aug 2023 07:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item