{JALUR MAGANG IT} PERANCANGAN UI/UX PLATFORM CUBICA PADA PT. KUBIKA MEDIA KREASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

Shafira, Tifani Dea (2025) {JALUR MAGANG IT} PERANCANGAN UI/UX PLATFORM CUBICA PADA PT. KUBIKA MEDIA KREASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan platform Cubica di PT. Kubika Media Kreasi guna meningkatkan pengalaman pembelajaran kewirausahaan yang lebih interaktif, efisien, dan mudah diakses. Pembelajaran kewirausahaan berbasis digital sering kali menghadapi tantangan dalam menyediakan aksesibilitas optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian menerapkan pendekatan Design Thinking, yang terdiri dari Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, guna merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang intuitif, responsif, serta sesuai dengan kebutuhan pengguna. Riset pengalaman pengguna dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan utama, yang kemudian digunakan dalam merancang wireframe dan prototype dengan fokus pada kemudahan navigasi dan pengalaman pengguna yang optimal. Evaluasi melalui usability testing menunjukkan bahwa pendekatan ini secara signifikan meningkatkan aksesibilitas, navigasi, serta pengalaman belajar pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelajar, mentor, dan penggiat kewirausahaan, serta menjadi solusi inovatif dalam pengembangan platform pembelajaran digital yang lebih efektif dan berorientasi pada pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Design Thinking, Platform Digital, Pembelajaran Kewirausahaan, Cubica
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:51
Last Modified: 13 Aug 2025 01:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30295

Actions (login required)

View Item View Item