Hawarizmi, Hasbi (2025) ANALISIS DATA LOG INTERAKSI GAME NARATIF INTERAKTIF UNTUK MENGEVALUASI POLA KONTRIBUSI DAN DOMINASI NARATIF GM DAN PEMAIN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4411.zip Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
Abstract
Game dengan narasi interaktif memberikan pengalaman cerita ynag dinamis melalui onteraksi antara pemain dan sistem, namun seringkali bermunculan masalah terkait dnegan bagaimana kontribusi naratif dari masing-masing peran memengaruhi jalannya cerita dan ending yang dicapai. Ketidakjelasan ini dapat berdampak pada berkurangnya pengalaman kebebasan pemain sehingga pemain akan merasa terkekang oleh struktur cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola kontribusi naratif antara GM dan Pemain, mengkaji korelasi aksi naratif serta mengevaluasi pengaruh dominasi naratif terhadap ending cerita. Penelitian ini menggunakan data log dari Paired Storytelling Dataset, yang dibuat oleh Narrative Intelligence Lab di University of Kentucky. Metode yang digunkan meliputi pra-pemrosesan data, analisi clustering dengan agglomerative hierarchical clustering untuk mengelompkan dan melihat pola aksi dan juga narasi kontribusi dari pemain dan GM, reduksi dimensi menggunakan Principal Component Analysis (PCA) untuk memudahkan visualisai dan interpretasi data, serta uji coba statistic menggunakan chi-square guna menguji hubungan signifikan antara penjelasan dan aksi GM dan pemain. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metofologi evaluasi narasi interakif berbasis data dan dapat dimanfaatkan dalam pengembangan game, peneliti, serta desainer sistem interaktif untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih adaptif. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengintegrasikan data subjektif pemain agar memperkaya analisis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Narasi Interaktif, Game Master, Kontribusi Naratif, Clustering, Chisquare | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:18 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |