ANALISIS DATA LOG INTERAKSI GAME NARATIF INTERAKTIF UNTUK MENGEVALUASI POLA KONTRIBUSI DAN DOMINASI NARATIF GM DAN PEMAIN

Hawarizmi, Hasbi (2025) ANALISIS DATA LOG INTERAKSI GAME NARATIF INTERAKTIF UNTUK MENGEVALUASI POLA KONTRIBUSI DAN DOMINASI NARATIF GM DAN PEMAIN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4411.zip
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Game dengan narasi interaktif memberikan pengalaman cerita ynag dinamis melalui onteraksi antara pemain dan sistem, namun seringkali bermunculan masalah terkait dnegan bagaimana kontribusi naratif dari masing-masing peran memengaruhi jalannya cerita dan ending yang dicapai. Ketidakjelasan ini dapat berdampak pada berkurangnya pengalaman kebebasan pemain sehingga pemain akan merasa terkekang oleh struktur cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola kontribusi naratif antara GM dan Pemain, mengkaji korelasi aksi naratif serta mengevaluasi pengaruh dominasi naratif terhadap ending cerita. Penelitian ini menggunakan data log dari Paired Storytelling Dataset, yang dibuat oleh Narrative Intelligence Lab di University of Kentucky. Metode yang digunkan meliputi pra-pemrosesan data, analisi clustering dengan agglomerative hierarchical clustering untuk mengelompkan dan melihat pola aksi dan juga narasi kontribusi dari pemain dan GM, reduksi dimensi menggunakan Principal Component Analysis (PCA) untuk memudahkan visualisai dan interpretasi data, serta uji coba statistic menggunakan chi-square guna menguji hubungan signifikan antara penjelasan dan aksi GM dan pemain. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metofologi evaluasi narasi interakif berbasis data dan dapat dimanfaatkan dalam pengembangan game, peneliti, serta desainer sistem interaktif untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih adaptif. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengintegrasikan data subjektif pemain agar memperkaya analisis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Narasi Interaktif, Game Master, Kontribusi Naratif, Clustering, Chisquare
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:18
Last Modified: 12 Aug 2025 07:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30280

Actions (login required)

View Item View Item