PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA GAME EDUKASI PENGENALAN SEJARAH PAHLAWAN DI INDONESIA

Salehudin, Muhammad (2024) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA GAME EDUKASI PENGENALAN SEJARAH PAHLAWAN DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1398.zip
Restricted to Repository staff only

Download (86MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai warga negara Indonesia kita wajib menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kita harus belajar sejarah agar memahami pengorbanan para pahlawan dalam merebut Nusantara dari tangan penjajah. Tidak hanya memahami, kita juga harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan. Membangun dan mempertahankan rasa cinta tanah air kita dengan cara misal memilih produk-produk dalam negeri. Pahlawan Indonesia adalah pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan melawan para penjajah yang ingin menguasai wilayah Indonesia. Karena itu dibutuhkan suatu strategi yang mampu menyasar dunia anak dan remaja saat ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan patriotisme. Game edukasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang tokoh pahlawan di Indonesia dan sejarah singkat perjuangan tokoh pahlawan. Pada game ini menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem Markerless Tracking. Aplikasi yang dibuat menggunakan Tools atau software pendukung unity yang berbasis android, adapun software pendukung yang lain yaitu vuforia SDK (Software Developer Kit) serta kertas marker sebagai pendukung menjalankan aplikasi augmented reality. Dengan augmented reality anak dapat bermain tapi sekaligus juga belajar dalam mengenal pahlawan bangsa dan negara Indonesia sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Sejarah Pahlawan, Unity 3D, Vuforia SDK dan Smartphone Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:51
Last Modified: 12 Aug 2025 06:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item