Azmi, Muhammad Azis Tsabitul (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D “KAGAMI OF THE TRUTH IDENTITY”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0899.zip Restricted to Repository staff only Download (61MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
Abstract
Animasi 2D merupakan bentuk karya visual yang menggabungkan unsur seni dan teknologi melalui penyusunan gambar secara berurutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknik frame by frame dalam pembuatan animasi berjudul “KAGAMI of The Truth Identity” serta menerapkan 12 prinsip dasar animasi guna menghasilkan pergerakan yang ekspresif dan halus. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik frame by frame dapat diterapkan secara efektif pada bagian aksi dalam animasi 2D. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi karya dan praktik kreatif. Validasi dilakukan melalui uji kelayakan oleh pakar animator atau ahli multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik frame by frame yang didukung oleh prinsip-prinsip animasi klasik mampu meningkatkan kualitas visual dan narasi animasi secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi animator 2D sebagai referensi teknis, bagi peneliti sebagai penerapan ilmu studi, serta bagi penonton dalam menikmati pesan yang disampaikan secara visual. Berdasarkan hasil hitungan para ahli mendapatkan validasi sebesar 74,8% yang tergolong “Baik” dan hitungan khalayak umum mendapatkan validasi sebesar 86,68% yang tergolong “Sangat baik”. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan implementasi teknik ini dalam konteks animasi interaktif atau multimedia edukatif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknik Frame by Frame, Animasi 2D, Prinsip Animasi, Kualitas Visual, Pesan Visual | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:55 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |