PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMPERKENALKAN ANGKA MELALUI AUGMENTED REALITY PADA ANAK USIA DINI

Aji, Baharudin Purnomo (2024) PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMPERKENALKAN ANGKA MELALUI AUGMENTED REALITY PADA ANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1833.zip
Restricted to Repository staff only

Download (139MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Dalam berbagai perkembangan media pembelajaran saat ini memberi peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran bagi anak usia dini atau untuk taman kanak-kanak. Penelitian ini merancang dan membuat game edukasi mengenai pengenalan angka yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan pengalaman belajar pengenalan angka pada anak-anak PAUD SPS Mukti Mulia. Tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk membuat pembelajaran yang lebih interkatif dan menarik mengenai berbagai angka terhadap pemahaman anak usia dini. Game ini dirancang menggunakan perangkat mobile atau tablet sebagai media tampilan AR. Marker atau objek tertentu diidentifikasi sebagai pemicu untuk menampilkan bentuk dari angka yang telah dibuat menjadi 3D. Konten interaktif disajikan melalui elemen gambar, suara, dan informasi dasar tentang berbagai jenis angka. Desain antarmuka yang menarik, dan warna yang menarik menjadi fokus untuk memastikan keterlibatan maksimal anak-anak dalam proses pembelajaran. Dalam pembuatan game ini akan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Penggunaan metode digunakan karena dirasa cocok dengan penelitian ini dan diharapkan dapat memaksimalkan dalam pembuatan game. Dengan pembelajaran dari guru yang telah disampaikan didorong dengan game interaktif tersebut diharapkan anak-anak ikut berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga memaksimalkan pembelajaran di PAUD SPS Mukti Mulia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Hendra
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Angka, Augmented Reality, Game Interaktif, 3D, Anak Usia Dini
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:09
Last Modified: 12 Aug 2025 04:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item