Rizkyarif, Yudanto (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF KAPANEWON KALASAN DALAM PENERAPAN DIGITALISASI PADA PEDAGANG UMKM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis komunikasi persuasif yang efektif agar berkontribusi suksesnya program digitalisasi UMKM oleh pemerintah daerah tingkat Kapenawon Kalasan. Komunikasi persuasif dilaksanakan secara langsung melalui pertemuan rutin dalam Forum Komunikasi UMKM dengan peran komunkator yang menarik perhatian, minat audien dapat dibangun, menggugah keinginan audiens, dan memberikan dorongan audiens untuk bertindak. Komunikator memegang peran krusial dengan menyampaikan pesan yang jelas, logis, dan emosional, serta didukung oleh kredibilitas dan keahlian di bidang digitalisasi UMKM. Selain itu, Kapenawon Kalasan juga memanfaatkan komunikasi persuasif tidak langsung dengan mempergunakan ragam media sosial dalam menyampaikan informasi dengan potensi jumlah audiens yang lebih banyak. Pesan yang disampaikan dirancang untuk memengaruhi sikap dan perilaku UMKM agar beralih dari metode konvensional ke sistem digital. Efektivitas komunikasi persuasif diukur melalui umpan balik dari audiens, yang terlihat dari partisipasi aktif dan tindakan konkret UMKM, seperti pameran dan adopsi teknologi digital. Hasil penelitian memperjelas komunikasi persuasif Kapenawon Kalasan telah berhasil menciptakan kesepahaman, membangun kepercayaan, dan mendorong perubahan perilaku UMKM menuju transformasi digital. Dengan demikian, pendekatan komunikasi persuasif, baik langsung maupun tidak langsung, terbukti efektif dalam mendukung program pemerintah, khususnya dalam konteks pemberdayaan UMKM. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengembangkan komunikasi dengan strategi dan model yang lebih inovatif berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas program serupa di waktu yang akan datang.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Persuasif, Digitalisasi UMKM, Model AIDA, Kapenawon Kalasan, Transformasi Digital | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:21 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2025 00:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |