Hidayat, Syarief (2025) HAMBATAN DAN PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA THE JAYAKARTA HOTEL YOGYAKARTA DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELANGGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (989kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
Abstract
Selama menjalani kehidupan manusia menghabiskan 70% waktu bangun nya digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi tidak hanya dijadikan sebagai sarana pertukaran pesan dari seorang komunikator kepada komunikan namun juga untuk saling berinteraksi dan berhubungan antara seseorang dengan orang lain. Salah satu bentuk dari komunikasi yaitu komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang atau lebih mencapai tujuan tertentu. Sebuah komunikasi interpersonal disebut efektif ketika pertemuan komunikasi adalah hal yang membuat senang untuk komunikasi. Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana proses komunikasi interpersonal berlangsung antara barista dan pelanggan di The Jayakarta Hotel Yogyakarta dan bagimana peran serta hambatan nya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi serta wawancara. Berdasarkan hasil wawancara menyebutkan bahwa proses komunikasi interpersonal barista dengan pelanggan terjalin dengan memberi salam kepada pelanggan, memberikan pelayanan dengan etika pelayanan seperti senyum, ramah, dan memberikan feedback kepada pemesan. Peran dari proses komunikasi interpersonal adalah dapat menimbulkan berbagai terciptanya sebuah lingkungan baru yaitu rasa keterbukaan, sikap saling mendukung dan kesetaraan. Namun terlepas dari peran komunikasi interpersonal yang dilakukan barista untuk mempertahankan kepuasan pelanggan terdapat adanya hambatan dari barista yang terbagi menjadi 2 yaitu hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal komunikasi interpersonal barista dengan pelanggan adalah bahasa sedangkan hambatan eksternal sendiri terdiri dari hambatan proses, hambatan fisik, hambatan semantik dan hambatan psikososial. Dari hambatan tersebut diperlukan sebuah strategi untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Barista, Kepuasan Pelanggan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:34 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |