Harmin, Kristoforus (2025) PEMBUATAN MODEL 3D BANGUNAN “LIFEWAY SCHOOL” MENGGUNAKAN AUTODESK MAYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4037.zip Restricted to Repository staff only Download (337MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan media dokumentasi visual bangunan sekolah yang tidak hanya bersifat statis, tetapi juga dapat divisualisasikan dalam bentuk digital. Kurangnya representasi visual dalam format 3D untuk kebutuhan institusi pendidikan menjadi latar belakang penting, khususnya dalam memperkenalkan identitas dan lingkungan sekolah kepada pihak eksternal. Ketiadaan data teknis seperti blueprint menjadi tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan pendekatan berbasis observasi langsung dan dokumentasi visual non-teknis untuk memodelkan struktur bangunan secara digital. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat model 3D bangunan utama Lifeway School menggunakan perangkat lunak Autodesk Maya dan teknik polygonal modeling. Metode yang digunakan dimulai dari tahap observasi dan dokumentasi lapangan, dilanjutkan dengan perencanaan dan pemodelan objek per lantai (lantai 1 hingga lantai 3). Proses modeling dilakukan dengan memanfaatkan objek dasar polygon cube, dan menggunakan tool seperti Insert Edge Loop, Extrude, Scale, dan Move. Proses dilengkapi dengan penambahan tekstur berdasarkan referensi visual serta penerapan pencahayaan menggunakan HDRI untuk memperkuat kesan visual pada hasil akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model 3D yang dibuat berhasil merepresentasikan tampilan visual bangunan sekolah secara menyeluruh berdasarkan dokumentasi asli. Model ini dapat dimanfaatkan oleh pihak Lifeway School sebagai media dokumentasi digital, media informasi visual, serta dapat dikembangkan lebih lanjut untuk kebutuhan presentasi, edukasi, atau visualisasi interaktif berbasis teknologi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi integrasi model ke dalam platform VR/AR agar pengalaman pengguna menjadi lebih imersif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Model 3D, Autodesk Maya, Polygonal Modeling, Visualisasi Bangunan, Dokumentasi Digital | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:51 | ||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |