Permadi, Deska Danu (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI MENGENAL BAGIAN TUBUH MANUSIA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4109.zip Restricted to Repository staff only Download (609B) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi telah membuka peluang pemanfaatan media digital dalam dunia pendidikan, termasuk bagi anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak-anak usia dini yang masih kesulitan memahami bagian tubuh manusia akibat keterbatasan dalam membaca dan mengeja, sehingga metode konvensional menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti merancang sebuah game edukasi berbasis Android dengan menggunakan Unity sebagai alat bantu pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan mudah digunakan. Metode yang digunakan dalam pengembangan game adalah Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: inisiasi, pra- produksi, produksi, pengujian, versi beta, dan rilis. Game ini berbentuk puzzle drag- and-drop yang menantang anak untuk mencocokkan nama-nama bagian tubuh manusia dengan gambar yang sesuai. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Condong Catur terhadap anak-anak berusia 5–7 tahun yang sudah mampu membaca. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta pengujian Black Box dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat meningkatkan pemahaman anak tentang bagian tubuh manusia. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi saat bermain dan mampu menyelesaikan permainan dalam waktu singkat. Guru juga menyatakan bahwa game ini menarik, mudah dipahami, dan layak untuk dijadikan media pembelajaran. Dengan demikian, game ini diharapkan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang inovatif bagi anak, guru, dan orang tua dalam mengenalkan anatomi dasar tubuh manusia
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Anak Usia Dini, Unity, Bagian Tubuh, GDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:14 | ||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |