PERANCANGAN GAME EDUKASI MENGENAL BAGIAN TUBUH MANUSIA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN UNITY

Permadi, Deska Danu (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI MENGENAL BAGIAN TUBUH MANUSIA PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (734kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4109.zip
Restricted to Repository staff only

Download (609B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Kemajuan teknologi telah membuka peluang pemanfaatan media digital dalam dunia pendidikan, termasuk bagi anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak-anak usia dini yang masih kesulitan memahami bagian tubuh manusia akibat keterbatasan dalam membaca dan mengeja, sehingga metode konvensional menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti merancang sebuah game edukasi berbasis Android dengan menggunakan Unity sebagai alat bantu pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan mudah digunakan. Metode yang digunakan dalam pengembangan game adalah Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: inisiasi, pra- produksi, produksi, pengujian, versi beta, dan rilis. Game ini berbentuk puzzle drag- and-drop yang menantang anak untuk mencocokkan nama-nama bagian tubuh manusia dengan gambar yang sesuai. Penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Condong Catur terhadap anak-anak berusia 5–7 tahun yang sudah mampu membaca. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta pengujian Black Box dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat meningkatkan pemahaman anak tentang bagian tubuh manusia. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi saat bermain dan mampu menyelesaikan permainan dalam waktu singkat. Guru juga menyatakan bahwa game ini menarik, mudah dipahami, dan layak untuk dijadikan media pembelajaran. Dengan demikian, game ini diharapkan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang inovatif bagi anak, guru, dan orang tua dalam mengenalkan anatomi dasar tubuh manusia

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei Parwanto
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Anak Usia Dini, Unity, Bagian Tubuh, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:14
Last Modified: 16 Jul 2025 07:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30159

Actions (login required)

View Item View Item