MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATVAL SUSUKAN 1

Zulham, Farikh Alfairuz (2025) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATVAL SUSUKAN 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.1976.zip
Restricted to Repository staff only

Download (101MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented Reality (AR) dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa taman kanak-kanak terhadap materi sistem tata surya. Permasalahan utama yang diangkat adalah kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang menyebabkan siswa cenderung merasa bosan dan kesulitan memahami konsep-konsep abstrak seperti planet dan ruang angkasa. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi yang dikembangkan menampilkan objek planet tata surya dalam bentuk 3D dengan dukungan narasi suara dan fitur kuis untuk menguji pemahaman siswa secara interaktif. Penerapan teknologi AR dipilih karena dinilai mampu menyajikan pengalaman belajar yang lebih nyata, visual, dan menyenangkan bagi siswa usia dini. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan Skala Likert terhadap kuesioner yang dibagikan kepada pengguna, diperoleh skor sebesar 81,6% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi AR pada media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Selain itu, hasil uji coba menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik di berbagai perangkat Android dan mendapat respon positif dari guru, siswa, dan ahli media. Aplikasi ini juga dinilai mudah digunakan oleh guru sebagai alat bantu pengajaran di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi lainnya, khususnya bagi pendidikan anak usia dini dalam materi sains yang bersifat visual dan abstrak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Android, Tata Surya, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:43
Last Modified: 15 Jul 2025 06:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30110

Actions (login required)

View Item View Item