Zulham, Farikh Alfairuz (2025) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATVAL SUSUKAN 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.1976.zip Restricted to Repository staff only Download (101MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi Augmented Reality (AR) dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa taman kanak-kanak terhadap materi sistem tata surya. Permasalahan utama yang diangkat adalah kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang menyebabkan siswa cenderung merasa bosan dan kesulitan memahami konsep-konsep abstrak seperti planet dan ruang angkasa. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi yang dikembangkan menampilkan objek planet tata surya dalam bentuk 3D dengan dukungan narasi suara dan fitur kuis untuk menguji pemahaman siswa secara interaktif. Penerapan teknologi AR dipilih karena dinilai mampu menyajikan pengalaman belajar yang lebih nyata, visual, dan menyenangkan bagi siswa usia dini. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan Skala Likert terhadap kuesioner yang dibagikan kepada pengguna, diperoleh skor sebesar 81,6% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi AR pada media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Selain itu, hasil uji coba menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik di berbagai perangkat Android dan mendapat respon positif dari guru, siswa, dan ahli media. Aplikasi ini juga dinilai mudah digunakan oleh guru sebagai alat bantu pengajaran di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi lainnya, khususnya bagi pendidikan anak usia dini dalam materi sains yang bersifat visual dan abstrak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Android, Tata Surya, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:43 | ||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |