A’mal, Ahmad Zunan Syahrul (2025) {JALUR BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS FOTOGRAFI MERASA WISUDA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
Abstract
Vendor Merasa Wisuda dan Merasa Visual merupakan dua unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang fotografi. Merasa Wisuda berfokus pada layanan fotografi graduation dengan pendekatan impresif dan berkualitas tinggi, sedangkan Merasa Visual melayani segmen wedding dan prewedding dengan konsep visual yang lebih personal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi serta strategi pengembangan kedua unit bisnis tersebut dalam merespons permasalahan konsumen, khususnya dalam memilih vendor fotografi yang sesuai dengan minat customer, keberagaman gaya fotografi, serta ketidaksesuaian antara harapan pelanggan dan layanan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. BMC diterapkan untuk mengeksplorasi sembilan elemen strategis dalam model bisnis, mulai dari segmentasi pelanggan hingga efektivitas operasional. Sementara itu, analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam industri fotografi di wilayah Yogyakarta, Magelang, Semarang, dan Solo. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan Merasa Wisuda dan Merasa Visual dengan kompetitor guna mengidentifikasi keunggulan diferensiasi di pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter warna foto analog yang ditawarkan Merasa Wisuda memiliki daya saing tinggi di Magelang, Yogyakarta, Solo, dan Semarang sedangkan Merasa Visual mengusung konsep visual modern dengan elemen personal. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa strategi berbasis BMC dan SWOT Matrix dapat menjadi landasan dalam pengembangan bisnis fotografi yang berkelanjutan serta meningkatkan daya saing di industri fotografi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Merasa Wisuda, Strategi Bisnis, Analisis SWOT, BMC, Photograph | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:16 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:16 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |