{SKEMA ARTIST} KETIMPANGAN HARGA TANAH DENGAN KEMAMPUAN FINANSIAL GENERASI MUDA DALAM PENYUTRADARAAN FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI “MASA DEPAN YANG TERJEPIT”

Putri, Azra Hildayana (2025) {SKEMA ARTIST} KETIMPANGAN HARGA TANAH DENGAN KEMAMPUAN FINANSIAL GENERASI MUDA DALAM PENYUTRADARAAN FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI “MASA DEPAN YANG TERJEPIT”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

Film dokumenter “Paradoks Tanah Jogja” menyoroti ketimpangan antara harga rumah yang terus meningkat dan keterbatasan finansial generasi muda, terutama di Yogyakarta. Dalam karya ini, penulis berfokus pada peran sebagai sutradara dengan pendekatan penyutradaraan film dokumenter bergaya ekspositori. Tujuan penulisan ini adalah menjelaskan proses penyutradaraan dalam membangun narasi dokumenter yang informatif dan komunikatif. Metode produksi terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tahap praproduksi mencakup pengembangan ide, riset, penyusunan treatment, dan penentuan narasumber. Tahap produksi melibatkan pengarahan narasumber, host, serta koordinasi visual dengan DoP. Sementara itu, tahap pasca-produksi mencakup proses editing, pemilahan footage, dan penyusunan narasi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa gaya ekspositori efektif dalam menyampaikan isu sosial melalui perpaduan narasi dan wawancara. Pemilihan host generasi muda, latar kafe dan permukiman padat, serta wawancara di ruang formal turut memperkuat pesan film secara visual dan emosional. Penyutradaraan dokumenter ekspositori membutuhkan kepekaan naratif dan estetis, dengan saran agar riset dan pemilihan narasumber diperluas untuk menghadirkan perspektif yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Dokumenter, Penyutradaraan, Ekspositori, Generasi muda, Rumah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:21
Last Modified: 15 Jul 2025 01:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30077

Actions (login required)

View Item View Item