KOMUNIKASI INTERAKSIONISME SIMBOLIK ANTARA BARISTA DENGAN PELANGGAN UNTUK MENCIPTAKAN KEDEKATAN DI ETHIKOPIA COFFEE BAY

Sari, Zaskiyah Viona (2025) KOMUNIKASI INTERAKSIONISME SIMBOLIK ANTARA BARISTA DENGAN PELANGGAN UNTUK MENCIPTAKAN KEDEKATAN DI ETHIKOPIA COFFEE BAY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

Budaya nongkrong di coffee shop telah menciptakan dinamika komunikasi yang unik antara barista dan pelanggan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana makna simbolik yang terbentuk dalam interaksi antara barista dan pelanggan di Ethikopia Coffee Bay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interaksionisme simbolik yang digunakan barista dengan pelanggan di Ethikopia untuk menciptakan kedekatan terhadap pelanggan. Dalam penelitian ini, menggunakan teori interasionisme simbolik dari George Herbert Mead, yang menekankan pentingnya simbol dalam interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara barista dan pelanggan bukan hanya sekedar transaksi jual beli, melainkan juga membangun hubungan personal melalui penggunaan simbol komunikasi seperti sapaan khusus, sebutan khusus, dan gestur tubuh. Proses interaksi simbolik ini terbentuk pada saat barista beriteraksi dengan dua jenis pelanggan yang berbeda yaitu pelanggan dekat dan pelanggan umum, simbol ini hanya digunakan saat berada di lingkungan Ethikopia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa interaksi simbolik antara barista dan pelanggan memiliki peran penting dalam membangun kedekatan dan citra positif coffee shop, melalui penciptaan makna-makna simbolik yang khas.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurbayti, Nurbayti
Uncontrolled Keywords: Barista, Pelanggan, Coffee Shop, Interaksionisme Simbolik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:06
Last Modified: 11 Jul 2025 03:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item