Sari, Zaskiyah Viona (2025) KOMUNIKASI INTERAKSIONISME SIMBOLIK ANTARA BARISTA DENGAN PELANGGAN UNTUK MENCIPTAKAN KEDEKATAN DI ETHIKOPIA COFFEE BAY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
Abstract
Budaya nongkrong di coffee shop telah menciptakan dinamika komunikasi yang unik antara barista dan pelanggan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana makna simbolik yang terbentuk dalam interaksi antara barista dan pelanggan di Ethikopia Coffee Bay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interaksionisme simbolik yang digunakan barista dengan pelanggan di Ethikopia untuk menciptakan kedekatan terhadap pelanggan. Dalam penelitian ini, menggunakan teori interasionisme simbolik dari George Herbert Mead, yang menekankan pentingnya simbol dalam interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara barista dan pelanggan bukan hanya sekedar transaksi jual beli, melainkan juga membangun hubungan personal melalui penggunaan simbol komunikasi seperti sapaan khusus, sebutan khusus, dan gestur tubuh. Proses interaksi simbolik ini terbentuk pada saat barista beriteraksi dengan dua jenis pelanggan yang berbeda yaitu pelanggan dekat dan pelanggan umum, simbol ini hanya digunakan saat berada di lingkungan Ethikopia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa interaksi simbolik antara barista dan pelanggan memiliki peran penting dalam membangun kedekatan dan citra positif coffee shop, melalui penciptaan makna-makna simbolik yang khas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Barista, Pelanggan, Coffee Shop, Interaksionisme Simbolik | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:06 | ||
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:06 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |