STRATEGI KOMUNIKASI @CIKUUNIVERSE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BARU DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PEMBACA DI PLATFORM X

Winiyoga, Muhamad Rais (2025) STRATEGI KOMUNIKASI @CIKUUNIVERSE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BARU DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PEMBACA DI PLATFORM X. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

Era digital telah mengubah kebiasaan membaca, khususnya pada kalangan Generasi Z yang lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial dibandingkan membaca buku fisik. Meskipun Yogyakarta memiliki minat baca yang tertinggi di Indonesia, hasil survei Programe for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukan bahwa kemampuan membaca di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan. Di tengah turunnya angka minat baca Indonesia, terdapat sebuah fenomena yang menarik perhatian yang dikenal sebagai Alternative Universe (AU), yaitu cerita fiksi yang disajikan dalam bentuk utas di platform media sosial X. AU memiliki daya tarik bagi Generasi Z karena penyajiannya yang interaktif, menggunakan karakter idola yang populer, serta memanfaatkan elemen audio – visual yang tidak ditemukan dalam buku konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh akun @cikuuniverse dalam membangun keterlibatan pembaca melalui AU. Dengan pendekatan komunikasi visual, verbal, dan interaktif, penelitian ini mengidentifikasi elemen yang berkontribusi terhadap efektivitas penyampaian pesan di media sosial serta dampak terhadap peningkatan minat baca di era digital. Penelitian ini memberikan wawasan terkait optimalisasi media sosial dalam membangun keterlibatan audiens dan dapat menjadi acuan bagi pengelola media digital dalam meningkatkan minat baca Generasi Z di era digital.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astria, Kadek Kiki
Uncontrolled Keywords: Alternative Universe, Generasi Z, Media Sosial, Minat Baca, Strategi Komunikasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:59
Last Modified: 11 Jul 2025 07:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30064

Actions (login required)

View Item View Item