Azizah, Setyarani Fajriyanti Nur (2025) PERANCANGAN GAME INTERAKTIF EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK BELAJAR ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FISHER-YATES SHUFFLE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1874.zip Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
Abstract
Teknologi era sekarang telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Anak-anak usia 4-6 tahun, yang berada dalam tahap perkembangan kognitif dan sosial yang penting, sangat terpengaruh oleh lingkungan teknologi di sekitar mereka. Mereka lebih tertarik pada metode pembelajaran yang interaktif dan visual dibandingkan dengan metode konvensional. Game interaktif dan edukatif menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan daya tarik belajar anak-anak. Metode penelitian menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) untuk acuan langkah tahapan dalam merancang game secara terstruktur. Salah satu metode yang digunakan dalam perancangan game ini adalah metode pengacakan Fisher-Yates Shuffle, yang berfungsi untuk mengacak elemen permainan seperti pertanyaan, sehingga mencegah kebosanan dan memastikan variasi dalam permainan. Dengan cara ini, anak-anak tidak hanya menikmati permainan tetapi juga mendapatkan pengetahuan umum yang lebih luas dan mendalam. Game yang dirancang dengan baik dapat menggabungkan elemen edukatif dengan interaktivitas tinggi, membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan, serta membantu anak-anak dalam mengembangkan berbagai keterampilan dasar secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Game Interaktif Edukatif, Metode FisherYates Shuffle, Metode GDLC (Game Development Life Cycle) | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:17 | ||
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |