PEMBUATAN ANIMASI PEMBELAJARAN 2D PADA SISWA KELAS 1 SDN 1 SUNGAI PULAU DENGAN MATERI POKOK PENGENALAN HURUF DAN MEMBACA KATA SEDERHANA

Shiyamo, Novan Andika (2025) PEMBUATAN ANIMASI PEMBELAJARAN 2D PADA SISWA KELAS 1 SDN 1 SUNGAI PULAU DENGAN MATERI POKOK PENGENALAN HURUF DAN MEMBACA KATA SEDERHANA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.3967.zip
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbentuk animasi 2D guna membantu siswa kelas 1 SDN 1 Sungai Pulau dalam memahami materi pengenalan huruf dan membaca kata sederhana. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran konvensional yang masih dominan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Untuk itu, diperlukan media alternatif yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, salah satunya adalah media video animasi. Pada proses pengerjaan penelitian ini ada enam tahapan, yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Teknik animasi yang digunakan adalah animasi path, di mana objek bergerak mengikuti jalur tertentu sesuai skenario pembelajaran yang telah dirancang. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah sebuah video animasi edukatif berdurasi 6 menit 15 detik yang berisi materi pengenalan huruf dan pembacaan kata sederhana. Video diuji kepada 16 siswa dan 1 guru kelas. Berdasarkan hasil evaluasi, animasi yang dikembangkan mendapatkan respon sangat positif dari siswa dan guru. Animasi dinilai menarik, mudah dipahami, serta mampu meningkatkan semangat dan minat belajar siswa. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis animasi 2D ini dapat menjadi solusi alternatif yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam mengenalkan literasi awal kepada siswa kelas 1.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Media Pembelajaran, Video Edukasi, Teknik Animasi Path, Pengenalan Huruf, Membaca Kata Sederhana, Siswa Kelas 1 SD
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:00
Last Modified: 26 Jun 2025 02:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29947

Actions (login required)

View Item View Item