Putra, Danendra Suganda Wibawa (2025) PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK DENGAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3483.zip Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Program wajib belajar adalah sebuah keharusan bagi semua warga negara Indonesia, yang telah diamanatkan dalam regulasi pemerintahan Republik Indonesia nomor 47 tahun 2008 tentang wajib belajar. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan sebagi pelaksana pendidikan memilih bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Namun, di lapangan, terdapat berbagai kendala yang dihadapi, seperti monotonnya media pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya daya Tarik dalam proses belajar. Seiring dengan kemajuan tekonologi, diperlukannya inovasi dalam pendidikan berbasis teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu kemajuan teknologi yang dapat membantu adalah augmented reality (AR). Dengan memanfaatkan AR bersama dengan elemen audio visual sebagai metode pembelajaran, diharapkan dapat mengubah paradigm dalam bidang pendidikan. Penerapan augmented reality untuk pengenalan alat music dalam bahasa Indonesia diharapkan dapat memberikan solusi baru. Selama ini, pembelajaran mengenai alat music dalam bahasa Indonesia masih terbatas pada media cetak yang kurang interaktif. Dengan AR, siswa dapat berinteraksi lebih langsung dan pembelajaran tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Belajar, Bahasa Indonesia, Teknologi, Augmented Reality. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 May 2025 07:19 | ||
Last Modified: | 02 May 2025 07:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |