PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK DENGAN AUGMENTED REALITY

Putra, Danendra Suganda Wibawa (2025) PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK DENGAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3483.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program wajib belajar adalah sebuah keharusan bagi semua warga negara Indonesia, yang telah diamanatkan dalam regulasi pemerintahan Republik Indonesia nomor 47 tahun 2008 tentang wajib belajar. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan sebagi pelaksana pendidikan memilih bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Namun, di lapangan, terdapat berbagai kendala yang dihadapi, seperti monotonnya media pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya daya Tarik dalam proses belajar. Seiring dengan kemajuan tekonologi, diperlukannya inovasi dalam pendidikan berbasis teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu kemajuan teknologi yang dapat membantu adalah augmented reality (AR). Dengan memanfaatkan AR bersama dengan elemen audio visual sebagai metode pembelajaran, diharapkan dapat mengubah paradigm dalam bidang pendidikan. Penerapan augmented reality untuk pengenalan alat music dalam bahasa Indonesia diharapkan dapat memberikan solusi baru. Selama ini, pembelajaran mengenai alat music dalam bahasa Indonesia masih terbatas pada media cetak yang kurang interaktif. Dengan AR, siswa dapat berinteraksi lebih langsung dan pembelajaran tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: Belajar, Bahasa Indonesia, Teknologi, Augmented Reality.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 May 2025 07:19
Last Modified: 02 May 2025 07:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item View Item