PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN JETISHARJO

As Syauri, Muhammad Risqi Syaifullah (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN JETISHARJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.3029.zip
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)

Abstract

Media interaktif pembelajaran merupakan suatu pendekatan inovatif dalam proses pendidikan yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggambarkan konsep dan implementasi media interaktif sebagai alat pembelajaran yang efektif. Berbagai teknologi seperti komputer, internet, multimedia, dan aplikasi perangkat lunak telah memberikan kemungkinan baru dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang dinamis dan menarik. Studi ini mengeksplorasi keuntungan media interaktif dalam konteks pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik kunci yang membuatnya efektif. Dengan memanfaatkan fitur interaktif, seperti simulasi, pertanyaan interaktif, dan konten multimedia, media ini dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pembelajaran. Selain itu, penelitian ini membahas tantangan yang mungkin dihadapi dalam pengembangan dan implementasi media interaktif, termasuk ketersediaan sumber daya, pelatihan guru, dan kebutuhan teknologi. Dalam konteks ini, dukungan pemerintah, sekolah, dan industri teknologi pendidikan menjadi kunci dalam memastikan kesuksesan penerapan media interaktif. Penelitian ini juga menyoroti aspek evaluasi media interaktif untuk mengukur efektivitasnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengukuran ini mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta respons guru terhadap penggunaan media interaktif dalam pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif memiliki potensi besar untuk meningkatkan motivasi belajar, retensi informasi, dan keterlibatan siswa. Namun, upaya terus-menerus diperlukan dalam mengembangkan konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan kurikulum, serta memastikan aksesibilitas media interaktif untuk semua lapisan masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada teknologi, dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tuntutan masa depan yang semakin kompleks.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rahardi, Majid
Uncontrolled Keywords: Interaktif, Teknologi, Internet, Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:10
Last Modified: 30 Apr 2025 03:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29800

Actions (login required)

View Item View Item