{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI MODEL GDLC PADA PEMBUATAN PERMAINAN 2 DIMENSI "PATRIOT"

Paninggih, Agustinus Arya Carlo (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI MODEL GDLC PADA PEMBUATAN PERMAINAN 2 DIMENSI "PATRIOT". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1129.zip
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)

Abstract

Game Development Life Cycle (GDLC) merupakan metode pengembangan permainan yang membagi proses menjadi tiga tahap utama: pre-production, production, dan post-production. Penelitian ini membahas Implementasi GDLC dalam pengembangan permainan 2D berjudul “PATRIOT” yang dikembangkan oleh tim kecil selama program bootcamp satu bulan di CV Parama. Pada tahap oreproduction, dilakukan konseptualisasi tema, gameplay, dan pembuatan dokumen desain. Tahapan produksi mencakup pengembangan logika permainan berbasis State Machine, manajemen animasi, dan audio menggunakan Unity. Pada tahap post-production, dilakukan pengujian bug, evaluasi gameplay, dan penyempurnaan fitur berdasarkan masukan playtester. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode GDLC memberikan struktur yang jelas, meningkatkan efisiensi waktu, dan mempermudah pembagian tugas dalam tim kecil. Fokus pada fitur inti yang telah direncanakan sejak awal sehingga dapat menghindari pengembangan fitur yang tidak relevan dan mempercepat proses pengerjaan. Penelitian ini juga memberikan saran untuk memprioritaskan fitur inti yang mendukung gameplay dan mengelola perencanaan secara efektif tanpa terjebak pada detail yang berlebihan

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Game Development Life Cycle, GDLC, Pengembangan Permainan, PATRIOT, Unity, Game 2D, Pre-Production, Production, Post-Production, State Machine, Manajemen Audio
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:46
Last Modified: 29 Apr 2025 03:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29780

Actions (login required)

View Item View Item