Paninggih, Agustinus Arya Carlo (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI MODEL GDLC PADA PEMBUATAN PERMAINAN 2 DIMENSI "PATRIOT". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1129.zip Restricted to Repository staff only Download (49MB) |
Abstract
Game Development Life Cycle (GDLC) merupakan metode pengembangan permainan yang membagi proses menjadi tiga tahap utama: pre-production, production, dan post-production. Penelitian ini membahas Implementasi GDLC dalam pengembangan permainan 2D berjudul “PATRIOT” yang dikembangkan oleh tim kecil selama program bootcamp satu bulan di CV Parama. Pada tahap oreproduction, dilakukan konseptualisasi tema, gameplay, dan pembuatan dokumen desain. Tahapan produksi mencakup pengembangan logika permainan berbasis State Machine, manajemen animasi, dan audio menggunakan Unity. Pada tahap post-production, dilakukan pengujian bug, evaluasi gameplay, dan penyempurnaan fitur berdasarkan masukan playtester. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode GDLC memberikan struktur yang jelas, meningkatkan efisiensi waktu, dan mempermudah pembagian tugas dalam tim kecil. Fokus pada fitur inti yang telah direncanakan sejak awal sehingga dapat menghindari pengembangan fitur yang tidak relevan dan mempercepat proses pengerjaan. Penelitian ini juga memberikan saran untuk memprioritaskan fitur inti yang mendukung gameplay dan mengelola perencanaan secara efektif tanpa terjebak pada detail yang berlebihan
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Development Life Cycle, GDLC, Pengembangan Permainan, PATRIOT, Unity, Game 2D, Pre-Production, Production, Post-Production, State Machine, Manajemen Audio | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:46 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |