PENGEMBANGAN SISTEM PELAYANAN SATU PINTU BERBASIS WEBSITE UNTUK PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN INFORMATIKA

Aji, Bayu Habib Seno (2025) PENGEMBANGAN SISTEM PELAYANAN SATU PINTU BERBASIS WEBSITE UNTUK PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN INFORMATIKA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.02.0800.zip
Restricted to Repository staff only

Download (135MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi informasi memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, termasuk di Program Studi D3 Manajemen Informatika Universitas Amikom Yogyakarta. Proses administrasi yang masih menggunakan form manual dinilai kurang efisien, sehingga diperlukan pengembangan web layanan berbasis website untuk mempermudah pendaftaran rekomendasi yudisium, pendadaran, perpanjangan masa studi, penghapusan mata kuliah, tugas akhir non regular dan KRS manual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas sistem layanan mahasiswa dengan mengembangkan web yang lebih optimal dari sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data, dan pengembangan web. Proses pengembangan dilakukan dalam empat tahapan: Pra Projek, Awal Projek, Inti Projek, dan Akhir Projek. Pada tahap Pra Projek, dilakukan pertemuan dengan pihak prodi untuk memperjelas kebutuhan. Selanjutnya, pada tahap Awal Projek, tim mempelajari source code yang ada dan merancang ulang struktur database. Pada tahap Inti Projek, fitur-fitur yang diperlukan diperbaiki dan ditambahkan, diikuti dengan pengujian untuk memastikan web berfungsi dengan baik. Akhir Projek meliputi penyusunan laporan dan presentasi hasil kepada pihak prodi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi layanan yang dikembangkan dapat meningkatkan kualitas layanan administrasi mahasiswa, mengurangi kendala yang ada, dan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam pengembangan aplikasi berbasis website. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat diimplementasikan secara efektif di lingkungan prodi.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Layanan, Pengembangan, Administrasi, Mahasiswa, Website
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:25
Last Modified: 29 Apr 2025 03:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29776

Actions (login required)

View Item View Item