Singarimbun, Nurul Agustin (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN TEKNIK RIGGING DAN ANIMASI KARAKTER PADA ANIMASI 2D "REDEMPTION OF SOULS". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (998kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1221.zip Restricted to Repository staff only Download (110MB) |
Abstract
Rigging adalah proses pembuatan kerangka tulang digital pada karakter animasi agar bisa digerakkan secara fleksibel, sementara animasi adalah proses menghidupkan karakter melalui gerakan dan ekspresi yang sesuai dengan alur cerita. Penelitian ini membahas secara mendalam teknik rigging dan animasi karakter yang diterapkan dalam produksi opening animasi 2D pada game "Redemption of Souls". Studi ini mencakup tahapan pembuatan rigging, seperti pembuatan kontrol, layering, dan penempatan tulang (bones) di kedua tangan dan kaki juga badan, serta proses animasi yang meliputi keyframing dan frame by frame juga meliputi analisis proses produksi animasi dan penerapan prinsip-prinsip animasi seperti anticipation, secondary action, timing dan spacing. Pendekatan yang digunakan meliputi analisis literatur, implementasi teknis rigging dan animasi menggunakan perangkat lunak animasi 2D yaitu Toonboom Harmony. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi teknik rigging berbasis bone system dengan pendekatan animasi keyframe memberikan hasil yang optimal untuk kebutuhan produksi animasi pada opening animasi 2D game "Redemption of Souls" ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 2D Animasi, Cut Out, Rigging, Prinsip Animasi, dan Toonboom Harmony | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:44 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |