Arsyad, Muh Afzil Fauzan (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN TEKNIK ROTOSCOPING DAN ANIMASI KARAKTER PADA ANIMASI 2D "REDEMPTION OF SOULS". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1180.zip Restricted to Repository staff only Download (403MB) |
Abstract
Animasi adalah teknik visual yang memungkinkan kita untuk menciptakan gambar bergerak dari gambar-gambar yang diam. Umumnya animasi diterapkan pada gerakan gerakan karakter baik itu gerakan sederhana seperti berjalan, hingga gerakan kompleks seperti pertarungan dan menari. Proses animasi ini seringkali memerlukan teknik yang lebih mendetail, seperti frame by frame, yang dapat menguras waktu dan tenaga. Dalam konteks ini, teknik Rotoscoping muncul sebagai solusi yang menarik, memungkinkan animator untuk melacak gerakan dari rekaman video untuk menghasilkan animasi yang lebih halus dan akurat. Proyek animasi "Redemption of Souls" mengambil teknik Rotoscoping untuk menjawab tantangan tersebut. Melalui penggunaan teknik ini, animator dapat menangkap nuansa gerakan tubuh karakter dengan lebih baik, terutama dalam adegan tarian yang dinamis. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas visual, tetapi juga memberikan kedalaman emosional pada karakter yang diperankan. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis berbagai masalah yang dihadapi oleh animator saat menciptakan animasi kompleks menggunakan metode frame by frame, seperti kesulitan dalam mempertahankan konsistensi gerakan dan waktu antar frame yang tepat. Dengan mengintegrasikan Rotoscoping, "Redemption of Souls" tidak hanya memperlihatkan kecanggihan teknis, tetapi juga memberikan wawasan mengenai pengembangan karakter yang multi-dimensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan Rotoscoping dapat mempermudah proses animasi sekaligus memberi inspirasi bagi animator untuk berinovasi dan mengatasi hambatan dalam kreasi animasi mereka. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa animasi dan praktisi industri untuk memahami lebih dalam mengenai teknik Rotoscoping.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Rotoscoping, Karakter, Visual, Teknologi, Redemption of Souls | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:26 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |