Atmono, Harley Tegar Dwi (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN TEKNIK MOTION CAPTURE PADA ANIMASI 3D GAME "REDEMPTION OF SOULS". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (780kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1157.zip Restricted to Repository staff only Download (267MB) |
Abstract
Game atau permainan digital merupakan salah satu sarana hiburan yang populer saat ini. Dengan kemajuan teknologi, game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai bentuk seni yang dapat menyampaikan cerita dan pesan kepada pemain. Animasi 3D sebgai salah satu elemen dalam pengembangan game, memiliki peran besar dalam menyampaikan cerita tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi, salah satu teknik yang semakin populer dalam menciptakan animasi adalah motion capture. Motion capture, atau sering disingkat mocap, adalah teknik yang digunakan untuk merekam pergerakan manusia atau objek dan menerjemahkannya ke dalam format digital. Motion capture dinilai lebih efisien dibandingkan animasi manual karena menghasilkan gerakan realistis dengan cepat, menghemat waktu produksi, dan memberikan konsistensi yang sulit dicapai secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik motion capture yang diterapkan dalam pembuatan animasi 3D pada game "Redemption of Souls". Dengan menggunakan perangkat lunak motion capture modern, penelitian ini mengkaji kelebihan, kekurangan, serta efektivitas teknik tersebut dalam menghasilkan animasi. Pada animasi game "Redemption of Souls", cerita yang diangkat bergenre fantasi. Dengan menggunakan animasi 3D, cerita yang diangkat merupakan cutscene prolog game. Gaya visual yang diterapkan dalam "Redemption fo Souls" menggabungkan teknik cel shading dan stylize. Cel shading digunakan untuk memberikan efek visual seperti komik, dengan warna datar dan bayangan yang jelas.. Sementara itu, stylize mengarah pada desain yang lebih bebas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Motion Capture, Animasi 3D, Game, Redemption of Souls | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:10 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |